Campuran Ketumbar dan Madu Efektif Usir Jerawat, Mau Coba?

Ketumbar memiliki banyak kandungan yang efektif usir jerawat!

By: Tinwarotul Fatonah icon Rabu, 17 Oktober 2018 icon 09:30 WIB
Campuran Ketumbar dan Madu Efektif Usir Jerawat, Mau Coba?

Ilustrasi ketumbar. (Pixabay)

Kamu mungkin lebih mengenal ketumbar sebagai salah satu bumbu dapur dan rempah-rempah. Tapi siapa sangka di balik bentuknya yang berupa butiran kecil dan keras itu tersimpan khasiat untuk mengatasi jerawat di wajah! Kamu penasaran dengan cara membuatnya? Simak dalam tulisan di bawah ini ya!

Meskipun ukurannya kecil, ternyata ketumbar kaya akan kandungan nutrisi penting seperti asam folat, Vitamin A dan C serta beta karoten. Layaknya rempah pada umumnya, ketumbar juga dapat dimanfaatkan untuk meredakan jerawat karena memiliki sifat anti bakteri.

Ilustrasi ketumbar. (Pixabay)
Ilustrasi ketumbar. (Pixabay)

Kandungan vitamin A dan C dalam ketumbar juga sangat baik untuk menutrisi kulit karena kaya akan anti oksidan. Berita baiknya, selain mengatasi jerawat, masker ketumbar juga baik untuk mencegah penuaan dini dan menangkal radikal bebas.

Baca Juga: Tips Memilih Serum untuk Kulit Berjerawat

Tertarik membuat masker ketumbar di rumah? Caranya mudah banget kok. Cukup siapkan ketumbar segar yang dihaluskan, madu dan kunyit secukupnya. Campur semua bahan dalam sebuah wadah hingga menjadi pasta dan oleskan sebagai masker wajah.

Bubuk kunyit / Pixabay.com
Kunyit. (Pixabay)

Agar tidak iritasi, hindari area mata ya Girls!

Biarkan masker ketumbar selama satu jam hingga meresap sempurna dalam kulit dan bilas dengan air bersih. Lakukan secara rutin setiap seminggu sekali maka jerawat di wajahmu akan teratasi dengan mudah.

Baca Juga: Memanfaatkan Ampas Kopi sebagai Masker Penghilang Komedo

Tambahan kunyit dan madu dalam masker ketumbar berfungsi untuk mengunci kelembapan dan membuat masker lebih ampuh untuk mengusir jerawat. Baik madu dan kunyit sama-sama memiliki sifat anti inflamasi dan anti bakteri yang baik untuk mengatasi jerawat membandel.

Baca Juga: Ini Cara Mengatasi Jerawat dengan Coklat

madu/pexels
Ilustrasi madu. (Pixabay)

Gimana Girls, mudah banget kan, membuat masker ketumbar untuk usir jerawat? Jangan lupa untuk melakukan perawatan ini secara rutin ya! Perawatan yang rutin akan memberikan hasil yang maksimal. Selamat mencoba!

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI