Tips Aman Merias Wajah saat Jerawat Meradang

Biar jerawatmu tidak tambah parah!

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Kamis, 25 Oktober 2018 icon 18:00 WIB
Tips Aman Merias Wajah saat Jerawat Meradang

Ilustrasi menggunakan makeup. (Pixabay)

Seperti melukis, dibutuhkan alas canvas yang mulus agar lukisan tampak sempurna. Begitupun dengan merias wajah, bakal nampak flawless jika kulit rata tanpa jerawat. Itulah mengapa saat jerawat meradang, banyak wanita kemudian frustasi dibuatnya.

Yup, merias wajah saat jerawat sedang ranum-ranumnya adalah persoalan penting. Sebab jika melakukan kesalahan, jerawat bakal makin gawat. Agar hal itu tidak terjadi, berikut tips aman merias wajah saat kulit berjerawat. Yuk, simak!

1. Hindari makeup yang terlalu berat

Baca Juga: Unik Banget, Pria Ini Belajar Betapa Sulitnya menjadi Wanita

Makeup memang bisa mempercantik penampilan tapi di sisi lain juga dapat menjadi pemicu problem kulit. Makeup yang terlalu berat akan menyumbat kulit dan menyebabkan problem kulit seperti jerawat atau komedo.

Makeup. (Unsplash/Andreas Fidler)
Makeup. (Unsplash/Andreas Fidler)

2. Gunakan fondasi ringan dan concealer

Banyak orang beranggapan bahwa jerawat dan bekas jerawat membutuhkan fondasi yang melimpah dan penuh. Padahal terlalu banyak lapisan justru akan menekan tekstur kulit dan menonjolkan jerawat.

Baca Juga: Campuran Ketumbar dan Madu Efektif Usir Jerawat, Mau Coba?

Selain itu, menghimpit jerawatmu dengan lapisan foundation yang tebal dan berat tentu bisa memperparah radang jerawat. Maka dari itu, gunakan foundation dan BB Cream secara tipis dan merata. Lalu gunakan concealer untuk menutupi bagian jerawat.

3. Selalu sediakan scotch tape

Mungkin kamu terlalu banyak menggunakan obat jerawat hingga kulit di atas jerawat menjadi terkelupas. Sayangnya, foundation tidak akan menyatu sempurna jika kondisinya seperti itu.

Coba gunakan scotch tape dan 'dab dab' sampai lapisan kasarnya terangkat. Cara itu tidak akan merusak kulitmu. Lalu, oles pelembab di area tersebut dan lanjutkan pakai makeup.

Ilustrasi makeup. (Pexels)
Ilustrasi makeup. (Pexels)

4. Gunakan bedak tabur

Bedak tabur punya tekstur yang ringan sehingga sama sekali tak menutupi pori-pori wajah kamu. Bedak bayi juga sangat direkomendasikan. Hindari bedak padat yang sifatnya justru terasa lebih berat pada kulit.

5. Cek kandungan kosmetik

Kini ada sangat banyak kosmetik khusus jerawat yang beredar di pasaran. Cermatlah dalam memilih dan membaca kandungan kosmetik.

Pilih yang mengandung zat tertentu. Seperti sulfur, benzoil peroksida, asam salisilat, dan masih banyak lagi. Dengan adanya kandungan tersebut, makeup tak akan memperparah kondisi jerawat.

6. Double cleansing

Baca Juga: Tips Memilih Serum untuk Kulit Berjerawat

Double cleansing adalah hal mutlak. Terlebih lagi jika kamu mengenakaan concealer dan foundation. Kamu tentunya tidak ingin membiarkan kosmetik menumpuk pada permukaan kulit dan memperparah jerawat bukan?

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI