Beauty

Alami dan Efektif, Castor Oil untuk Mengobati Bekas Jerawat

Apapun yang meninggalkan bekas itu memang sulit diobati.

Rima Sekarani Imamun Nissa | Yasinta Rahmawati

Coconut oil. (Pixabay)
Coconut oil. (Pixabay)

Dewiku.com - Kita semua pasti pernah berurusan dengan jerawat ataupun bekas jerawat. Ada berbagai produk di pasaran yang diklaim mampu untuk mengobati bekas jerawat. Namun jika kamu menginginkan sesuatu yang alami, castor oil bisa jadi solusinya.

Asam lemak Omega-3 dalam castor oil bisa menembus kulit dan membantu dalam penyembuhan jaringan parut. Dilansir dari Boldsky, berikut beberapa perawatan rumahan menggunakan castor oil untuk mengobati bekas jerawat.

1. Castor oil dan uap

Penggunaan castor oil secara topikal dapat membantu mengurangi peradangan pada kulit secara efektif. Pertama, bersihkan wajah secara menyeluruh. Tepuk-tepuk hingga kering lalu uapi wajah selam beberapa menit. Hal ini akan membantu membuka pori-pori.

Kemudian oleskan beberapa tetes castor oil baik di seluruh wajah atau area tertentu. Pijat selama beberapa menit dengan bantuan ujung jari. Biarkan semalam dan bersihkan esok paginya.

Ilustrasi kapsul vitamin e. (Pixabay)
Ilustrasi kapsul vitamin e. (Pixabay)

2. Castor oil dan minyak vitamin E

Vitamin E bersama dengan minyak jarak akan mengurangi tampilan bekas jerawat. Ambil sekitar 3-4 kapsul minyak vitamin E dan campurkan dengan 1 sendok makan castor oil. Oleskan di area yang terdapat bekas jerawat dan biarkan selama beberapa menit kemudian bilas dengan air hangat.

Ulangi cara ini setiap hari agar bekas jerawat cepat hilang.

3. Castor oil dan lemon

Cara ini lebih seperti scrub yang membantu pengelupasan sel-sel kulit mati. Asam sitrat dalam lemon pun bisa membantu mencerahkan kulit.

Cukup campur satu sendok makan perasan air lemon dan 1 sendok makan castor oil dalam mangkuk bersih. Cocol dengan bola kapas dan aplikasikan pada bekas jerawat. Diamkan selama 15-20 menit sebelum membilasnya dengan air biasa.

Lavender oil. (Pixabay)
Lavender oil. (Pixabay)

4. Castor oil dan coconut oil

Dalam mangkuk bersih, tambahkan beberapa tetes coconut oil dan castor oil secukupnya. Campurkan kedua minyak dengan baik dan oleskan pada area yang membekas. Pijat perlahan selama 1-2 menit, biarkan selama 15 menit kemudian bilas air hangat.

Antioksidan dalam kelapa membantu meremajakan dan menyembuhkan segala jenis radang dan bekas luka di kulit.

5. Castor oil dan lavender oil

Kamu juga bisa menggunakan castor dan lavender oil untuk mengobati bekas jerawat. Campurkan 1 sendok teh castor oil dan beberapa tetes lavender oil. Diamkan selama 10-15 menit dan kemudian cuci dengan air.

Kombinasi keduanya akan membantu dalam menenangkan kulit dan mengurangi radang serta bekas jerawat. Lakukan ini setiap hari sebelum tidur untuk hasil yang lebih optimal.

Berita Terkait

Berita Terkini