Beauty

Ngeri! Gara-Gara Lensa Kontak, Gadis Ini Buta Mendadak

Dalam hitungan jam, lensa kontak itu merusak kornea matanya.

Rima Sekarani Imamun Nissa | Rima Suliastini

Ilustrasi menggunakan lensa kontak. (Pexels/skitterphoto)
Ilustrasi menggunakan lensa kontak. (Pexels/skitterphoto)

Dewiku.com - Seorang gadis asal Kanada bernama Emilie Turcotte mengalami peristiwa mengerikan setelah menggunakan lensa kontak saat merayakan pesta Halloween beberapa waktu lalu. Dia mengalami buta mendadak karena menggunakan alat bantu penglihatan ini selama 4 jam.

Kejadian ini bermula ketika Emilie turut merayakan Halloween yang diadakan di kotanya. Seperti pesta Halloween pada umumnya, Emilie pun bersemangat menyiapkan kostum unik.

Agar tampil maksimal, Emilie menggunakan lensa kontak untuk mengubah warna matanya. Tidak lebih dari 5 jam setelah memakai lensa kontak itu, Emilie menjerit kesakitan sambil memegang matanya.

Gadis berusia 11 tahun ini merasakan panas pada matanya. Saking panasnya, Emilie berkali-kali mengatakan pada ibunya jika matanya terbakar.

Panik, sang ibu pun buru-buru mengajak anaknya ke rumah sakit. Menurut penjelasan medis, lensa kontak yang dipakai Emilie sudah merusak kornea matanya.

Ilustrasi menggunakan kacamata. (Pixabay/Geralt)
Ilustrasi mata terasa terbakar. (Pixabay/Geralt)

 

Bahkan Emilie juga didiagnosis dengan selulitis periorbital, yaitu infeksi pada kelopak mata dan kulit di sekitar mata. Ini terjadi ketika bakteri masuk ke mata dan menyerang jaringan lunak di sekitarnya.

Akibatnya, Emilie mengalami buta mendadak.

Satu-satunya hal yang menggembirakan dari peristiwa ini adalah kebutaan yang dialami Emilie tidak berlangsung permanen. Dia hanya kehilangan penglihatan selama 4 hari dan kemudian semuanya pulih kembali secara perlahan.

Agar proses pemulihan berjalan dengan lancar, Emilie harus memakai kacamata hitam selama sebulan agar kornea matanya bisa sembuh dengan sempurna.

Berita Terkait

Berita Terkini