Beauty

Ternyata Ini Penyebab Beruntusan di Dahi Tak Kunjung Hilang

Ada hal sepele yang selama ini mungkin tak kamu sadari.

Rima Sekarani Imamun Nissa | Kintan Sekarwangi

Ilustrasi dahi beruntusan. (Unsplash/Tamara Bellis)
Ilustrasi dahi beruntusan. (Unsplash/Tamara Bellis)

Dewiku.com - Beruntusan atau jerawat kecil-kecil memang sangat menganggu penampilan dan membuat kita jadi nggak percaya diri. Sebenarnya apa ya, penyebab beruntusan di dahi tak kunjung hilang?

Salah satu area wajah yang paling sering mengalami beruntusan adalah dahi. Pada umumnya beruntusan tidak menimbulkan efek seperti jerawat yang ukuran lebih besar.

Biasanya beruntusan mampu bertahan dalam kurun waktu yang cukup lama. Wajib untuk kita tahu apa aja sih, penyebab beruntusan di dahi yang tak kunjung hilang. Cek di bawah ini, yuk.

1. Masalah pencernaan

Di dalam tubuh terdapat sistem dan ajringan yang saling berhubungan. Nah, bukan tak mungkin jika penyebab beruntusan di wajah kamu berada di masalah pencernaan.

Agar lebih meyakinkan, tak ada salahnya untuk pergi ke dokter dan memeriksakan diri untuk memastikan tak ada masalah pada tubuh yang nantinya dapat memicu masalah lainnya.

2. Pemakaian helm atau topi

Pemakaian helm atau topi juga dapat menyebabkan timbulnya beruntusan di dahi akibat terjadinya kontak langsung. Meski tampak bersih, namun kedua benda tersebut bisa menjadi sumber bakteri yang menyebabkan timbulnya beruntusan.

Disarankan menjaga kebersihan helm atau topi yang akan digunakan untuk mencegah terjadinya beruntusan di dahi.

Ilustrasi dahi beruntusan. (Unsplash/Binhly)
Ilustrasi dahi beruntusan. (Unsplash/Binhly)

3. Model rambut

Dahi merupakan bagian wajah yang paling sering bersentuhan langsung dengan rambut. Apalagi kalau kamu memiliki model rambut dengan poni yang selalu menempel di dahi.

Poni kamu tentu juga terpapar debu dan kotoran. Ini yang menyebabkan beruntusan di dahi kamu tak kunjung membaik, malah semakin memburuk.

4. Hormon

Ketika hormon testosteron sedang berlebihan, ini juga bisa menjadi penyebab munculnya beruntusan di dahi dan biasanya akan bertahan cukup lama. Kelebihan hormon tersebut akan merangsang kelenjar yang bisa memicu timbulnya beruntusan.

Disarankan untuk rajin membersihkan wajah dan senantiasa melembapkan kulit dengan pelembap.

Ilustrasi dahi beruntusan. (Unsplash/Talles Alves)
Ilustrasi dahi beruntusan. (Unsplash/Talles Alves)

5. Stres

Salah satu penyebab beruntusan di dahi dan tak kunjung hilang adalah dipicu oleh stres. Stres dapat berpengaruh pada pikiran dan mood. Jika stres terlalu berlebih akan mempengaruhi kesehatan kulit yang berujung munculnya beruntusan di dahi.

Beruntusan timbul sebagai reaksi dari emosi kamu yang kurang stabil akibat stres. Disarankan untuk rileks dan enjoy dalam menjalani hidup.

Berita Terkait

Berita Terkini