6 Trik Simpel Bikin Makeup Awet Seharian

Langsung dari ahlinya!

By: Tinwarotul Fatonah icon Senin, 12 November 2018 icon 11:00 WIB
6 Trik Simpel Bikin Makeup Awet Seharian

Ilustrasi lipstik. (Unsplash/Malvestida Magazine)

Tinggal di negara dengan iklim tropis seperti Indonesia, terkadang membuat makeup cepat luntur di wajah banyak perempuan. Tapi tenang, ada trik simpel untuk bikin makeup awet seharian. Yuk simak!

1. Cukur bulu wajah

Beauty influencer populer seperti Chloe Morello dan Huda Kattan, mempopulerkan tren mencukur bulu wajah belakangan ini. Dengan menghapus semua bulu, kulit wajah bakal lebih mulus.

Baca Juga: Waktumu Nggak Banyak, Ini Tips Makeup Singkat 2 Menit

Para ahli pun mengklaim bahwa mencukur wajah akan memungkinkan makeup untuk menempel lebih baik dan tahan lebih lama.

2. Rendam beautyblender dengan setting spray

Beautyblender adalah barang wajib yang harus dimiliki, sebab si empuk ini membantu mendistribusikan produk foundation secara merata.

Baca Juga: Tips Memakai Semua Warna dalam Eyeshadow Palette

Tetapi spons beautyblender yang kering tidak akan membantu foundation menempel lebih lama. Maka dari itu, basahi beautyblender dengan beberapa semprotan setting spray ketimbang air biasa.

Ilustrasi bedak. (Unsplash/Michael Lavoski)
Ilustrasi bedak. (Unsplash/Michael Lavoski)

3. Jangan pakai bedak di area berminyak

Memang kedengarannya bertentangan dengan kepercayaan umum, tapi menurut salah satu ahli, membubuhkan bedak alias baking pada area berminyak sebenarnya tidak membantu mengurangi tampilan minyak.

Alasannya, cara itu bakal mengacaukan tampilan akhir yang dewy dan alami. Lebih baik oleskan sedikit lebih banyak foundation pada area tersebut dengan spons lembut. Itu akan memberikan akhir yang halus dan tahan lama.

4. Oleskan bedak sebelum foundation

Tips lain yang mengejutkan adalah mengaplikasikan bedak sebelum menerapkan foundation. Sedikit translucent powder tipis di wajah sebelum foundation bakal membuatnya lebih terlihat halus dan tahan lama.

Ilustrasi setting spray. (Pinterest)
Ilustrasi setting spray. (Pinterest)

5. Pakai setting spray sebelum foundation

Kalau biasanya kamu menyemprotkan setting spray sesudah makeup dan tidak berefek apa pun, coba cara ini. Setting spray bisa bertindak sebagai primer. Kamu pun bisa mencampur foundation dengan beberapa semprot setting spray sebelum mengaplikasikannya ke wajah. Tentunya cara ini membuat makeup menempel lebih lama.

6. Pakai lip liner sebelum lipstik

Baca Juga: Cantik Tanpa Dandan Lama, Makeup Instan Solusinya

Tips ini sebenarnya sudah awam, namun banyak yang mengabaikannya. Mewarnai bibir dengan lip liner sebelum mengoleskan lipstik adalah cara jitu biar tidak cepat luntur.

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI