Beauty

Sebelum Mencobanya, Ini Tips Mengatasi Jerawat dengan Cuka Apel

Mungkin cuka apel bisa menjadi solusi atas masalah jerawat kamu.

Rima Sekarani Imamun Nissa | Kintan Sekarwangi

Cuka Apel. (Pexels/rawpixels)
Cuka Apel. (Pexels/rawpixels)

Dewiku.com - Bukan menjadi rahasia umum lagi jika merawat kulit wajah juga bisa memakai bahan-bahan alami. Salah satunya adalah cuka apel. Namun sebelum mencobanya, ada baiknya kamu tau beberapa tips mengatasi jerawat dengan cuka apel.

Cuka apel memang sangat jarang digunakan dalam masakan. Namun cuka apel sebenarnya adalah bahan dapur yang kerap digunakan sehari-hari di Amerika dan beberapa negara lainnya.

Sekarang menurut kebanyakan orang yang sudah mencobanya, jika cuka apel digunakan sebagai toner, itu akan membantu mengatasi jerawat dan membuat kulit jadi lebih bersih.

Nah, sebelum mencobanya ada baiknya untuk tahu beberapa tips memakai cuka apel di bawah ini.

1. Terdapat beberapa jenis cuka apel

Ternyata cuka apel itu terdapat beberapa jenis lho, Girls. Mulai dari unfiltered, filtered, unpasteurized, raw, serta organic.

Untuk perawatan kulit wajah disarankan memilih cuka apel berjenis raw, unfiltered, dan organic. Cuka apel jenis itu masih mengandung serat halus berwarna gelap yang diketahui mempunyai kandungan enzim dan bakteri baik.

Buah apel merah / Unsplash.com
Buah apel merah. (Unsplash)

2. Harus diencerkan terlebih dahulu

Meskipun disebutkan cuka apel dapat digunakan sebagai toner, bukan berarti bisa langsung diaplikasikan pada wajah. Kandungan asam yang sangat tinggi bisa membuat kulit wajah menjadi panas hingga iritasi.

Oleh karena itu, sebelum menggunakannya, disarankan untuk melarutkan cuka apel dan air terlebih dahulu dengan perbandingan air lebih banyak dari pada cuka apel.

3. Diklaim bisa membantu mengatasi jerawat

Cuka apel memiliki kemampuan antibakteri yang sangat efektif mengatasi jerawat. Kemampuan antibakteri dari kandungan acetic acid, lactic acid, citric acid, dan succinic acid di dalamnya mampu membunuh bakteri pada wajah.

Ilustrasi sari apel / Unsplash.com
Ilustrasi cuka apel. (Unsplash)

4. Belum terbukti secara ilmiah

Nah, ini adalah salah satu alasan mengapa kamu harus tahu tentang cuka apel terlebih dahulu. Belum ada penelitian yang signifikan atau terbukti kalau cuka apel benar-benar bermanfaat untuk kesehatan kulit dan aman untuk digunakan sehari-hari.

Walaupun ada beberapa studi yang menyebutkan bahwa cuka apel memiliki kemampuan antibakteri yang kuat dan efektik. Namun, ini masih perlu riset mendalam lagi.

Berita Terkait

Berita Terkini