Beauty

Kesalahan Ini Sering Terjadi saat Menutupi Jerawat dengan Makeup

Apa saya, ya?

Rima Sekarani Imamun Nissa | Kintan Sekarwangi

Ilustrasi makeup. (Shutterstock)
Ilustrasi makeup. (Shutterstock)

Dewiku.com - Jerawat memang menjadi hal yang menyebalkan untuk kebanyakan orang. Pasti akan selalu mencari cara untuk membuatnya hilang atau menyamarkannya. Salah satu caranya adalah dengan menutupi jerawat dengan makeup. Sayangnya, ternyata ada beberapa kesalahan yang sering terjadi saat menutupi jerawat dengan makeup.

Produk makeup yang sering digunakan untuk menutupi jerawat adalah concealer. Namun, kamu juga perlu tahu mengapa jerawat belum sepenuhnya tertutupi dengan baik. Coba cari tahu di bawah ini, yuk!

1. Terlalu tebal memakai makeup

Kadang saat kita nggak mau kelihatan sedang jerawatan, secara nggak sadar malah memakai makeup yang full coverage. Padahal makeup ini tidak disarankan sama sekali saat kulit wajah yang breakout.

Harus memperhatikan area mana saja yang sedang mengalami breakout sebelum mengaplikasikan makeup. Pastikan sudah benar-benar memperhatikan dan merawat area wajah yang berjerawat.

Makeup. (Unsplash/Andreas Fidler)
Makeup tebal. (Unsplash/Andreas Fidler)

2. Salah memakai brush

Disarankan untuk memakai brush yang cocok, salah satunya buffing brush, saat mengoleskan concealer yang bisa berfungsi untuk menutupi breakout.

Cara memakainya pun bukan digeser, namun cukup dibuat melingkar dan ditekan-tekan secara perlahan.

3. Salah memilih concealer

Memilih warna concealer yang tepat tentunya sangat berguna untuk menutupi bekas jerawat. Jangan sampai memilih warna yang terlalu gelap atau terang saat memakainya, pastikan kamu memilih warna concealer yang sesuai dengan warna kulit.

Hal ini sangat penting dilakukan agar concealer bisa membaur rata dengan foundation dan hasilnya tak terlihat belang.

Brush makeup. (Unsplash/Morgan McDonald)
Brush makeup. (Unsplash/Morgan McDonald)

4. Tidak membersihkan alat makeup

Salah satu kesalahan yang sering terjadi saat menutupi jerawat dengan makeup adalah tidak membersihkan alat makeup. Alat makeup yang tidak dibersihkan akan menyebabkan jerawat selalu muncul di wajah.

Sebab bakteri bisa menempel dengan mudah pada alat makeup yang kotor. Jadi selalu pastikan alat makeup kamu selalu bersih sebelum digunakan. Disarankan untuk membersihkannya selama 2 kali dalam sebulan.

Berita Terkait

Berita Terkini