Beauty

Begini Lho, Cara Membersihkan Komedo yang Benar

Biar tidak iritasi dan meradang.

Rima Sekarani Imamun Nissa | Yasinta Rahmawati

Ilustrasi memencet komedo. (Shutterstock)
Ilustrasi memencet komedo. (Shutterstock)

Dewiku.com - Komedo yang melekat di area hidung dan sekitarnya kadang bikin tidak percaya diri. Membuat tampilan kulit wajah kasar, terlebih jika komedonya berwarna hitam.

Sebenarnya membersihkan komedo sendiri bisa dilakukan di rumah. Tapi tentu harus melewati prosedur yang benar agar tidak iritasi dan berubah menjadi jerawat. Berikut DewiKu beri tips cara membersihkan komedo yang benar. Baca terus!

1. Sterilkan tangan

Jangan lupa untuk mencuci tangan menggunakan sabun sampai bersih sebelum memulai langkah pembersihan komedo. Sebab tangan yang kotor bakal memindahkan bakteri ke wajah. Jadi pastikan cuci tangan dulu, ya.

Ilustrasi cuci tangan sabun batangan. (Unsplash/Christin Hume)
Ilustrasi cuci tangan sabun batangan. (Unsplash/Christin Hume)

2. Penguapan wajah

Kita mungkin tidak punya alat uap seperti di klinik estetika. Alternatifnya, kita bisa menuang air panas ke dalam baskom dan menguapkan wajah kita lewat panas yang terpancar dari baskom tersebut.

Penguapan ini akan membuat pori-pori wajah terbuka sehingga komedo bakal lebih mudah keluar dan kulit tidak terlalu sakit waktu melakukan pemencetan.

3. Kompres air dingin

Setelah memencet komedo, tentu pori-pori akan terbuka lebar dan merah-merah. Maka dari itu, hal selanjutnya yang dilakukan adalah kompres wajah menggunakan air dingin. Selain bisa meredakan rasa sakit, air dingin juga bisa membersihkan pori-pori.

Ilustrasi membersihkan wajah. (Shutterstock)
Ilustrasi membersihkan wajah. (Shutterstock)

4. Aplikasikan toner

Untuk mencegah bekas komedo bakal meradang dan memerah, kita bisa mengaplikasikan toner wajah di bagian bekas komedo. Toner dapat berfungsi untuk membuat kulit terasa lebih nyaman dan membunuh bakteri-bakteri yang bisa menyebabkan peradangan.

5. Masker wajah

Selain pakai toner, kita juga bisa mencegah peradangan sehabis memencet alias membersihkan komedo dengan menggunakan masker wajah. Tidak harus langsung pakai masker kok, bisa gunakan saat malam hari sebelum tidur. Pilih masker yang punya manfaat buat menenangkan kulit, misalnya masker green tea.

Berita Terkait

Berita Terkini