Beauty

Yuk Pahami, Inilah Fakta Seputar Vitamin C yang Perlu Kamu Tahu

Belum pada tahu, kan?

Rima Sekarani Imamun Nissa | Rima Suliastini

Ilustrasi lemon sebagai sumber vitamin C. (Unsplash)
Ilustrasi lemon sebagai sumber vitamin C. (Unsplash)

Dewiku.com - Skincare dengan kandungan vitamin C pasti sudah familiar di telingamu. Mungkin kamu juga menggunakan vitamin yang identik dengan buah jeruk dan lemon ini. Namun tahukah kamu? Vitamin C memiliki beberapa fakta menarik yang barang kali belum kamu ketahui.

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut adalah beberapa fakta vitamin C.

Fungsi lain vitamin C

Selama ini mungkin kamu berpikir jika vitamin C berfungsi untuk mencerahkan kulit. Faktanya, vitamin C juga memiliki fungsi lainnya yang nggak kalah penting, seperti melindungi kulit dari radikal bebas, paparan sinar matahari, polusi dan asap rokok.

Vitamin C juga bisa memberikan stimulasi bagi produksi kolagen sehingga sering dimanfaatkan untuk mengenyalkan kulit yang mengendur, lho.

Lemon dan es batu. (Pixabay/Riedelmeier)
Ilustrasi lemon sebagai sumber vitamin C. (Pixabay/Riedelmeier)

Vitamin C lebih efektif daripada ascorbyl phospate

Vitamin C murni memiliki nama ilmiah ascorbic acid. Namun di balik semua keunggulannya, ascorbic acid mempunyai banyak kelemahan, seperti tidak kuat cahaya matahari, sensitif terhadap panas, dan mudah teroksidasi.

Para peneliti membuat produk turunan vitamin C yang lebih unggul untuk mengatasi hal itu. Dua di antaranya yang paling populer adalah ascorbyl phospate dan ascorbyl palmitate. Ternyata keduanya tidak lebih bagus dari ascorbic acid sehingga banyak orang yang lebih memilih menggunakan bentuk murni dari vitamin C meskipun memiliki banyak kelemahan.

Ilustrasi kiwi. (Pixabay)
Ilustrasi kiwi sebagai sumber vitamin C. (Pixabay)

Vitamin C boleh dicampur dengan niacinamide

Banyak pendapat yang mengatakan jika vitamin C tidak boleh dicampur dengan niacinamide karena bisa menimbulkan iritasi pada kulit. Faktanya, campuran kedua bahan ini aman-aman saja digunakan oleh beberapa orang. Semua itu tergantung dari jenis kulit masing-masing.

Secara kimia, vitamin C yang dicampur dengan niacinamide akan berubah jadi niacin dan bisa menyebabkan iritasi. Padahal, proses dari niacinamide menjadi niacin butuh waktu dan panas sehingga efeknya tidak semudah dan secepat itu.

Ilustrasi buah lemon untuk perawatan wajah. (Unsplash/rawpixel)
Ilustrasi lemon sebagai sumber vitamin C. (Unsplash/rawpixel)

Vitamin C bisa dicampurkan dengan bahan lain

Untuk memperoleh hasil yang maksimal, banyak peneliti yang membuat formula baru dari campuran vitamin C. Beberapa bahan yang mengandung campuran antara ascorbic acid dengan ferulic acid dan vitamin E adalah yang paling efektif melindungi kulit dari paparan sinar matahari.

Berita Terkait

Berita Terkini