Beauty

Skincare Lebih Penting dari Makeup, Ini Alasannya

Yuk, jangan malas lagi menerapkan skincare routine.

Rima Sekarani Imamun Nissa | Yasinta Rahmawati

Ilustrasi bercermin / Pexels.com
Ilustrasi bercermin / Pexels.com

Dewiku.com - Banyak wanita mungkin masih mengesampingkan rutinitas skincare, bahkan tidak terlalu peduli karena terkesan merepotkan. Mereka lebih memilih makeup untuk mengoreksi masalah - masalah kulit.

Memakai makeup memang dapat menonjolkan fitur terbaik dari wajah kita dan menutupi sejumlah masalah kulit. Namun, sebenarnya skincare lebih penting daripada makeup, lho. Kenapa? Yuk, simak!

1. Makeup tidak menyelesaikan masalah kulit

Semua jerawat dan lingkar hitam bisa ditutupi dengan concealer dan foundation, tapi efek itu hanya bisa bertahan beberapa jam saja. Segera setelah makeup dihapus, wajah pun akan menampakkan masalah-masalahnya kembali.

Rutinitas skincare mungkin tidak memberi hasil secepat penggunaan makeup, tetapi jika dilakukan dengan benar dan intensif, kita bisa menyelesaikan sumber masalah-masalah di kulit atau setidaknya menguranginya.

Ilustrasi masalah kulit kering. (Shutterstock)
Ilustrasi masalah kulit kering. (Shutterstock)

2. Kulit sehat bikin makeup lebih maksimal

Terlepas dari warna kulit, kondisi kulit yang sehat pastinya akan membuat makeup lebih menempel. Selain itu, kulit wajah yang sehat akan menghemat waktu saat berdandan karena tak banyak problem fisik yang harus ditutupi.

3. Lebih mengenali kulit

Skincare routine bakal membuat kamu lebih mengenal kondisi kulit. Sebab terkadang kita akan menemui ketidakcocokan pada produk tertentu. Namun dari sana lah kita jadi belajar dan semakin paham akan kebutuhan kulit.

Kuncinya jangan malas membaca, berkonsultasi pada yang ahli, dan cermat membaca kandungan produk yang tertera di kemasan.

Membersihkan wajah. (Shutterstock)
Membersihkan wajah. (Shutterstock)

4. Meminimalisir produk makeup

Ketika sudah paham kebutuhan kulit, tentu bakal lebih teliti dalam membeli suatu produk kosmetik. Kamu pun jadi sadar bahwa apa yang cocok dan terlihat bagus di orang lain belum tentu cocok di kulit kamu.

Kamu tak lagi mudah terbujuk iklan dan hanya menggunakan produk yang sesuai dengan kebutuhan kulitmu. Bahkan di kondisi tertentu yang tak memungkinkan untuk berdandan sama sekali, kamu masih bisa percaya diri tampil bare face.

Itulah 4 hal kenapa skincare lebih penting dari makeup. Jadi mulai sekarang jangan malas lagi, ya!

Berita Terkait

Berita Terkini