Beauty

Biar Kelihatan Awet Muda, Tips Hilangkan Kerut di Sekitar Mulut

Berhenti tersenyum bukan cara hilangkan kerut di sekitar mulut.

Rima Sekarani Imamun Nissa

Kerutan rawan muncul di sekitar mulut. (Unsplash/Brandi Redd)
Kerutan rawan muncul di sekitar mulut. (Unsplash/Brandi Redd)

Dewiku.com - Garis-garis halus atau kerut di sekitar mulut memang tak pernah diharapkan oleh banyak perempuan. Selain jadi terlihat lebih tua, penampilan jelas bakal terganggu.

Dilansir dari Fustany, berikut adalah beberapa penyebab kerut di sekitar mulut.

1. Merokok

Kebiasaan tidak sehat ini membuat mulit dan kulit di sekitarnya menjadi terpapar bahan kimia berbahaya. Bukan hanya itu, merokok juga menyebabkan kontraksi kapiler darah di bawah kulit sehingga meminimalkan jumlah oksigen yang mencapai kulit.

Selain itu, saat kamu merokok, mau tak mau jadi harus mengerutkan bibir yang pada gilirannya bisa menyebabkan peningkatan kerutan di sekitar mulut.

Ilustrasi merokok. (Unsplash/Ander Burdain)
Ilustrasi merokok. (Unsplash/Ander Burdain)

2. Minum dengan sedotan

Kamu merasa ini tidak relevan. Namun, ini adalah fakta sebenarnya. Memonyongkan mulut saat minum dengan sedotan bisa menyebabkan munculnya kerut di sekitar mulut!

3. Kekeringan

Tidak minum cukup air atau kurang telaten dalam menjaga kelembapan kulit juga bisa menyebabkan kulit kering yang kemudian rawan cepat keriput.

Lalu, bagaimana mencegah kerutan di sekitar mulut?

Ilustrasi masalah kulit kering. (Shutterstock)
Ilustrasi masalah kulit kering. (Shutterstock)

Jika kamu seorang perokok, inilah saatnya untuk mempertimbangkan segera berhenti. Kalau kamu menggunakan sedotan untuk minum, hindari terlalu banyak kontraksi pada bibir. Minum dengan lembut sambil mempertahankan posisi bibir normal.

Gunakan tabir surya di dekat area itu untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari yang berbahaya. Tetap terhidrasi dengan minum air yang cukup dan jangan abaikan pentingnya memakai pelembap.

Menggunakan minyak alami juga bisa menjadi alternatif mencegah kerut di sekitar mulut. Selain itu, jangan pernah mengabaikan pelembab bibir. Pijat wajah harian untuk area di sekitar mulut sangat penting.

(Suara.com/Dinda Rachmawati)

Berita Terkait

Berita Terkini