Beauty

7 Hal yang Bisa Bikin Breakout Tambah Parah

Tidak mau tambah parah kan?

Tinwarotul Fatonah | Yasinta Rahmawati

Ilustrasi jerawat. (Shutterstock)
Ilustrasi jerawat. (Shutterstock)

Dewiku.com - Ketidakcocokan kulit dengan produk skincare tertentu bisa menimbulkan breakout, yakni iritasi kulit yang disertai jerawat dan komedo. Nah biar tidak tambah parah, dilansir dari Glamour kamu perlu hindari melakukan 8 hal ini. Yuk simak!

1. Mengoleskan spot treatment setiap saat

Ini merupakan reaksi alami yang dilakukan hampir semua orang. Namun mengoleskan spot treatment setiap saat mungkin tidak cukup membantu sebab kita tidak tahu kelenjar minyak mana yang tersumbat. Sehingga belum tentu mencegah jerawat baru muncul di sampingnya.

Ilustrasi kulit berjerawat
Ilustrasi kulit berjerawat

 

2. Mengggunakan produk jerawat hanya ketika breakout

Kalau wajah rawan berjerawat, sangat direkomendasikan untuk rutin memakai produk khusus jerawat. Daripada mengobati jerawat ketika sudah muncul, lebih efektif untuk menggunakan produk lembut yang mengandung asam salisilat setiap hari.

3. Menggosok jerawat

Jerawat adalah peradangan yang sangat besar, jadi jika tidak menanganinya dengan lembut, kamu hanya akan memperparah peradangan.

4. Menggunakan konsentrasi benzoil peroksida tertinggi

Benzoil peroksida (bahan antibakteri yang menargetkan bakteri penyebab jerawat dan peradangan) memang sangat bagus. Tetapi menggunakannya lebih banyak tidak mesti lebih baik. Jika ingin menggunakannya, sebaiknya gunakan pada tingkat 2,5 saja.

Ilustrasi cuci muka. (Pexels)
Ilustrasi cuci muka. (Pexels)

 

5. Percaya pada banyak skincare hack

Kamu pasti pernah mendengar bahwa pasta gigi bisa digunakan untuk spot treatment. Padahal, rasa seperti mentol atau kayu manis dalam pasta gigi sangat mengiritasi dan bahkan dapat menyebabkan luka kimia ringan pada kulit, lho. Maka dari itu, jangan gegabah mencoba berbagai skincare hack.

6. Membilas wajah cepat-cepat

Kalau kamu berpikir pembersih wajah tidak memberi perubahan apa pun, mungkin kamu membilasnya terlalu cepat. Pembersih memerlukan waktu kontak pada kulit untuk bekerja. Jika hanya ada di wajah selama beberapa detik, kandungan di dalamnya tidak punya waktu untuk melakukan pekerjaan mereka.

7. Tidak pakai pelembap

Melewatkan pelembab hanya membuat kulit terlalu banyak mengandung minyak. Cukup gunakan pelembab bebas minyak sebelum perawatan jerawat untuk melembapkan kulit. Hal ini juga berlaku untuk kulit berminyak dan acne prone sekali pun ya, sebab bisa saja masih kekurangan hidrasi.

Berita Terkait

Berita Terkini