Beauty

Ini Manfaat Bahan Alami Licorice untuk Kecantikan

Mempunyai banykak manfaat untuk kulit dan rambut, Girls.

Angga Roni Priambodo | Kintan Sekarwangi

Ilustrasi memakai skincare. (Unsplash/Humphrey Mule)
Ilustrasi memakai skincare. (Unsplash/Humphrey Mule)

Dewiku.com - Berkembangnya industri kecantikan membuat banyak produk perawatan sudah memakai bahan alami sebagai komposisi utamanya. Salah satunya adalah licorice. Apa saja manfaat bahan alami licorice untuk kecantikan?

Memakai bahan alami sebagai komposisi utama di setiap produk kecantikan adalah kabar gembira bagi konsumen. Produk-produk yang mengandung bahan alami diketahui memang lebih aman di kulit dan tubuh, sekaligus cenderung menimbulkan efek samping.

Licorice atau yang lebih dikenal sebagai akar manis ini merupakan jenis akar dari tanaman bernama Glycyrrhiza glabra yang berasal dari benua Eropa.

Ilsutrasi kulit cerah. (Shutterstock)
Ilsutrasi kulit cerah. (Shutterstock)

Dilansir dari berbagai sumber, licorice memiliki beberapa kandungan yang bermanfaat bagi kulit.

Mempunyai banyak kandungan vitamin seperti B1, B3,B5, dan vitamin E yang kaya anti-oksidan. Selain itu, bahan alami ini juga memiliki kandungan mineral yang penting untuk tubuh.

Kandungan mineral tersebut adalah fosfor,kalsium, zar besi, kolin, magnesium, kalium, dan seng.

Manfaat untuk kulit

Tentu licorice mempunyai manfaat penting untuk kulit. Bahan alami ini bisa membantu masalah hiperpigmentasi serta mencerahkan kulit berkat kandungan glabridin yang bekerja dengan cara menghambat aktivitas enzim tirosinase di dalam sel yang membentuk melanin.

Kemudian juga bermanfaat sebagai pelindung alami kulit dari efek samping dinar UV. Selain itu, licorice juga bermanfaat untuk mengatasi jerawat hingga kemerahan pada kulit.

Ilustrasi rambut. (Shutterstock)
Ilustrasi rambut. (Shutterstock)

Kandungan vitamin dan mineral yang ada di dalam licorice mempu melembapkan kulit secara alami.

Produk kecantikan yang mengandung licorice cocok banget untuk kulit berminyak, lho. Sebab, kandungan di dalamnya efektif untuk mengontrol produksi minyak pada kulit.

Manfaat untuk rambut

Selain bermanfaat untuk kulit, ternyata licorice juga bermanfaat untuk rambut. Kandungan anti-inflamasi pada ekstrak licorice bermanfaat untuk mengatasi masalah ketombe pada kulit kepala.

Tak hanya masalah ketombe, jika kamu punya rambut rapuh dan rontok bisa banget menggunakan produk perawatan rambut yang mengandung licorice. Kandungan di dalamnya akan membuat akar rambut dan rambut semakin kuat dan sehat.

Berita Terkait

Berita Terkini