Beauty

Bingung Perawatan Kulit saat Haid? Coba Tips Cantik ala Korea Ini

Tips cantik yang layak dicoba.

Rima Sekarani Imamun Nissa

Irene Red Velvet, zodiak Aries. (Instagram/@redvelvet.smtown)
Irene Red Velvet, zodiak Aries. (Instagram/@redvelvet.smtown)

Dewiku.com - Gejala Premenstrual Syndrome (PMS) sering kali jadi periode menjengkelkan. Hal tersebut salah satunya karena membuat wajah lebih rentan terhadap masalah kulit. Kira-kira perawatan kulit seperti apa yang sebaiknya dilakukan saat haid?

Wanita Korea rupanya punya trik tersendiri untuk perawatan kulit selama haid, yakni 7&7. Dalam program 'Get It Beauty' episode 27, dokter keluarga Kang Eun Hee menerangkan seperti apa aturan skincare 7&7.

Ternyata, 7 artinya tujuh hari alias seminggu. Angka 7 yang pertama berarti satu minggu sebelum menstruasi dan 7 yang kedua merujuk pada seminggu setelah menstruasi.

Mengutip Viva Woman, kondisi kulit pramenstruasi biasanya paling buruk pada seminggu sebelum menstruasi karena saat itulah hormon seperti progesteron berkecamuk dan memengaruhi kulit. Jerawat pun bermunculan di area kulit sekitar mulut, bahkan bisa sampai hidung.

Akibat ulah progesteron, kulit wanita menjadi berminyak, kusam, dan pori-pori tersumbat. Hormon ini memang meningkatkan produksi sebum dan menekan pori-pori.

Sementara saat haid berakhir, kulit mungkin terlihat lelah, tapi saat itulah pemulihan berlangsung. Tujuh hari setelah menstruasi, estrogen, hormon yang mengatur tubuh wanita, mulai bekerja.

Sana TWICE. (Instagram/@twicetagram)
Sana TWICE. (Instagram/@twicetagram)

Pada masa ini, periode metabolisme dipercepat dan reproduksi sel kulit pun lebih aktif. Kulit akan menjadi lebih bersinar. Nah, untuk menjaga kulit agar bersinar dan halus, Kang Eun Hee mengatakan, wanita harus mengikuti aturan perawatan kulit 7&7.

Seminggu sebelum menstruasi, Kang Eun Hee menyarankan para wanita mengatasi produksi sebum berlebih dengan membersihkan wajah secara menyeluruh, melakukan eksfoliasi dua kali seminggu, dan menggunakan lebih banyak produk yang menghidrasi ketimbang produk berminyak.

Ilustrasi perempuan cantik. (Unsplash)
Ilustrasi perempuan cantik. (Unsplash)

Kalau kulitmu rentan berjerawat, jangan menggunakan terlalu banyak produk perawatan kulit selama 7 hari ini.

Sementara itu saat seminggu setelah menstruasi, perawatan khusus seperti pengangkatan kulit, perawatan elastisitas, dan pemutihan sangat disarakan karena hasilnya akan lebih baik. Pasalnya, pada periode ini, reproduksi sel kulit diketahui lebih aktif.

Dermatologis juga merekomendasikan agar wanita menggunakan produk perawatan kulit khusus yang memutihkan dan mengatasi kerut wajah. Tujuh hari setelah haid ini juga disebut sebagai waktu terbaik untuk menggunakan masker wajah dan facial. (HiMedik.com/Eleonora Padmasta Ekaristi Wijana)

Berita Terkait

Berita Terkini