Beauty

Atasi Jerawat dari Dalam, Konsumsi 5 Makanan Ini

Jerawat, 1 kata tapi bikin pusing 7 keliling.

Tinwarotul Fatonah | Rima Suliastini

Ilustrasi jerawat. (Shutterstock)
Ilustrasi jerawat. (Shutterstock)

Dewiku.com - Jerawat yang nongol di wajah memang bikin jengkel. Kamu pasti melakukan berbagai cara untuk mengatasinya, mulai dari menutupi dengan makeup hingga mengobati dengan berbagai macam cara.

Ternyata mengobati jerawat bukan cuma dengan perawatan dari luar lho, Girls. Jerawat juga bisa diatasi dari dalam dengan rutin mengkonsumsi 5 makanan ini. Kamu tertarik mencobanya?

Alpukat

Buah yang satu ini memiliki tekstur yang lembut dan rasa yang lezat. Selain itu, nutrisinya juga lengkap dan yang paling banyak terkandung adalah vitamin E dan C. Nggak heran kalau alpukat bisa membantu kamu mengatasi jerawat dari dalam.

Selain mengatasi jerawat, rutin mengkonsumsi alpukat juga baik bagi kesehatan kulit karena mengandung moisturizer alami. Kandungan lemak dalam alpukat juga baik untuk kesehatan lho, karena bisa memerangi lemak jahat dalam tubuh.

Perawatan wajah dengan masker alpukat / Unsplash.com
Ilustrasi alpukat. (Unsplash)

Anggur merah

Anggur merah yang dimaksud disini bukan berupa minuman ya, Girls. Kamu bisa mengkonsumsi buah anggur merah secara rutin untuk mengatasi peradangan pada kulit yang berjerawat.

Kandungan zat kimia dan antioksidan dalam anggur merah ampuh untuk menjaga kesehatan kulit.

Selain jerawat, buah anggur merah juga baik untuk meredakan peradangan kulit lainnya seperti eksim atau psoriasis. Penderita alergi juga bisa mencoba mengkonsumsi buah ini secara teratur untuk meredakan gatal-gatal.

anggur/pexels.com
Ilustrasi anggur. (Pexels)

Kacang-kacangan

Kacang-kacangan biasanya mengandung banyak vitamin E yang baik untuk kulit. Selain itu juga mengandung magnesium, potassium, zinc, zat besi dan kalsium. Semua kandungan tersebut sangat baik untuk nutris kulit.

Dilansir dari berbagai sumber, penderita jerawat biasanya kekurangan zinc dalam tubuh dan bisa mendapatkannya kembali dengan mengkonsumsi kacang-kacangan.

Ilustrasi kacang almond / pexels.com
Ilustrasi kacang-kacangan. (Pexels)

Beras cokelat

Beras cokelat mungkin belum populer di Indonesia, tapi kandungannya sangat lengkap seperti vitamin B yang cukup tinggi, magnesium, protein dan antioksidan. FYI, vitamin B adalah obat jerawat alami bagi tubuh lho.

Vitamin B bisa membantu mengontrol kadar hormon berlebih dalam tubuh sehingga salah satu pemicu tumbuhnya jerawat bisa diatasi.

Ilustrasi beras merah. (Pexels/Suzy Hazelwood)
Ilustrasi beras merah. (Pexels/Suzy Hazelwood)

 

Berita Terkait

Berita Terkini