Terungkap, Pakar Kecantikan Beberkan Beberapa Fakta soal Parfum

Selama ini kita sudah salah dalam menyemprotkan parfum.

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Minggu, 17 Maret 2019 icon 06:30 WIB
Terungkap, Pakar Kecantikan Beberkan Beberapa Fakta soal Parfum

Parfum. (Unsplash/Rawpixel)

Pernah bertanya-tanya kenapa parfum orang lain terasa lebih wangi daripada milik sendiri? Mungkin selama ini kamu sudah salah dalam menyemprotkan parfum.

Dilansir dari Daily Mail, pakar kecantikan dan kuku, Leighton Denny MBE, membeberkan beberapa kecerobohan yang dilakukan banyak orang saat menyemprotkan parfum. Apa saja? Yuk, simak fakta soal parfum berikut!

1. Aroma wewangian berbeda pada setiap orang

Baca Juga: Rekomendasi Parfum Unisex, Cocok Buat Kamu dan Pacar

Kehangatan kulit ternyata sangat penting. Beberapa orang memiliki lebih banyak pori per sentimeter daripada yang lain atau lebih banyak lapisan lemak di kulit mereka. Faktor-faktor ini dan lainnya mempengaruhi kehangatan kulit yang pada gilirannya mempengaruhi aroma parfum.

Parfum. (Unsplash/Jess Watters)
Parfum. (Unsplash/Jess Watters)

2. Jenis kulit berperan

Minyak di kulit melarutkan dan mempertahankan molekul aroma. Karena itu, semakin berminyak kulit, aroma parfum akan semakin intens dan tahan lama.

Baca Juga: Mau Memberi Hadiah Parfum? Pertimbangkan Hal Ini Dulu

Sebaliknya, parfum tidak bertahan lama pada kulit kering. Oleh karena itu, perlu menambahkan sesuatu untuk bertindak sebagai penghalang antara kulit dan parfum, yakni pelembap bebas aroma atau krim.

3. Iklim mempengaruhi aroma

Semakin panas cuaca, maka semakin cepat aroma parfum menguap meninggalkan kulit. Jadi semprotkan parfum lebih sering. Sebaliknya, pada musim yang dingin, molekul parfum akan menguap lebih lama.

Ilustrasi kesalahan saat memakai parfum. (Pixabay)
Ilustrasi kesalahan saat memakai parfum. (Pixabay)

4. Jangan menggosok pergelangan tangan setelah menyemprot

''Cukup semprotkan saja. Hindari menggosok pergelangan tangan setelah aplikasi untuk mencegah menghancurkan aroma,'' ujar Leighton.

Oleskan pada titik-titik nadi: bawah daun telinga, siku bagian dalam, lutut bagian belakang, pergelangan kaki, pangkal leher, pergelangan tangan bagian dalam.

5. Simpan dengan benar

Baca Juga: Berbahaya, Kosmetik Ini Dilarang Masuk dalam Pesawat

Sebisa mungkin jauhkan parfum dari sinar matahari langsung dan perubahan suhu. Jika wewangian menjadi panas dan dingin, itu menyebabkannya menjadi 'berkeringat' dan kondensasi bisa masuk ke dalamnya. Hasilnya? Parfum menjadi keruh dan wanginya lenyap!

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI