8 Kesalahan Umum dalam Membersihkan Wajah, Kamu Perlu Tahu

Membersihkan wajah harus benar!

By: Agung Pratnyawan icon Selasa, 19 Maret 2019 icon 13:00 WIB
8 Kesalahan Umum dalam Membersihkan Wajah, Kamu Perlu Tahu

Ilustrasi membersihkan wajah. (Shutterstock)

Meski sangat mendasar, masih banyak yang melakukan kesalahan dalam rutinitas membersihkan wajah. Padahal menurut dokter anti-penuaan selebritas dan ahli biologi molekuler, Dr Rozina Ali, dari Liverpool, efek dari tidak membersihkan dengan benar semakin memburuk seiring bertambahnya usia.

"Ini bahkan lebih buruk daripada tidak menghapus make-up di kulit yang lebih muda," katanya seperti dikutip dari Daily Mail. Sebab, makeup bisa mengendap dalam kerutan yang dalam dan meningkatkan setiap kerutan.

Untuk itu, Rozina membeberkan 8 kesalahan umum dalam membersihkan wajah. Yuk simak!

Baca Juga: Sabun Wajah Lelaki Berbeda dengan Perempuan, Ini Alasannya

Ilustrasi cuci muka. (Pexels)
Ilustrasi cuci muka. (Pexels)

 

1. Mencuci muka hanya menggunakan air
Air sendiri tidak memiliki kemampuan untuk menghilangkan kotoran yang larut dalam minyak seperti make up dan sebum berlebih. Untuk itu diperlukan produk cleanser yang tepat.

2. Mengeksfoliasi wajah setiap hari
Hal ini cukup berbahaya dan sangay tidak diperlukan. Mengeksfoliasi wajah setiap hari dapat membuat kulit peka, teriritasi dan berisiko jerawat.

Baca Juga: Bersihkan Wajah Pakai Kondisioner, Yakin Aman?

3. Menggunakan sabun mandi untuk mencuci muka
Sabun mandi dapat menghilangkan minyak alami, membuat kulit terasa lebih kencang dan kering dari sebelumnya. Selain itu, sabun mandi bisa mengganggu pH alami kulit.

4. Hanya mencuci muka di malam hari
Di pagi hari kuman dari bantal dapat berpindah ke wajah, termasuk minyak dari rambut dan air liur. Jadi, pastikan untuk mencuci wajah juga di pagi hari.

Membersihkan wajah. (Shutterstock)
Membersihkan wajah. (Shutterstock)

 

5. Hanya mencuci muka di pagi hari
Mencuci muka di pagi dan malam hari sama pentingnya. Tetapi mencuci muka di malam hari adalah suatu keharusan. Makeup, minyak, residu, kotoran dan polusi menumpuk di wajah sepanjang hari, maka perawatan wajah malam sangat penting.

6. Mencuci muka dengan air panas
Air yang terlalu panas akan mengeringkan wajah serta merusak jaringan dan kulit halus di wajah. Lebih baik gunakan air hangat selama rutinitas perawatan wajah.

7. Menggunakan pembersih apa pun untuk wajah
Pastikan menggunakan pembersih yang sesuai dengan jenis kulit. Sebab kulit kombinasi, kering, normal, dan berminyak semuanya memiliki kebutuhan yang berbeda.

Baca Juga: Ubah Rutinitas Kecantikanmu dengan 5 Langkah Ini

8. Mencuci muka lebih dari empat kali sehari
Sering mencuci muka sepertinya ide yang bagus tapi terlalu berlebihan dapat menyebabkan kelebihan produksi minyak. Hal itu terjadi karena kulit mengimbangi efek pengeringan yang dihasilkan oleh pencucian muka berlebihan.

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI