Beauty

Manisnya Khas, Ini Rahasia Perawatan Kecantikan Perempuan India

Penasaran dengan rahasia perawatan kecantikan perempuan India?

Rima Sekarani Imamun Nissa

Alia Bhatt. (Instagram/@aliaabhatt)
Alia Bhatt. (Instagram/@aliaabhatt)

Dewiku.com - Perawatan kulit alami dan organik memang mempunyai peminatnya sendiri di berbagai negara di seluruh dunia, terutama India. Bagi banyak perempuan India, perawatan kulit lebih dari sekadar krim atau pencuci muka. Ini adalah bagian dari gaya hidup mereka.

Michelle Ranavat, pendiri Ranavat Botanics, mengatakan kepada Huffington Post bahwa perempuan India memperhatikan apa yang mereka kenakan di kulit serta apa yang mereka makan.

''Semuanya, mulai dari makan dengan baik hingga tidur nyenyak. Serta menjaga tingkat stres rendah dengan bermain dalam rasa keindahan yang lebih luas,'' ungkap dia.

Pendekatan lingkaran penuh ini berakar pada ayurveda, yakni sebuah sistem pengobatan yang telah digunakan oleh orang-orang di India selama ribuan tahun.

Dalam pengobatan ayurveda, pikiran dan tubuh sangat terhubung. Ayurveda menekankan pada penggunaan kebiasaan gaya hidup positif dan solusi alami untuk meningkatkan kesehatan serta mencegah dan mengobati penyakit.

Pada ritual kecantikan India, obat-obatan alami yang terbuat dari bahan baku mentah, dan organik memang cukup umum. Nah, berikut adalah beberapa rahasia kecantikan perempuan India.

Bunga mawar. (Unsplash/Tiffany Chan)
Bunga mawar. (Unsplash/Tiffany Chan)

1. Gunakan produk perawatan kulit yang dibuat dengan kunyit dan mawar

Setiap daerah di India mungkin memiliki ritual unik sendiri yang menggunakan bahan alami. Nina Davuluri, perempuan India-Amerika pertama yang meraih gelar Miss America dan salah satu pendiri merek perawatan kulit Aavrani mengatakan, kunyit adalah anti-inflamasi yang disebut bermanfaat bagi sistem pencernaan dan kesehatan kulit.

Dia menambahkan, kunyit dapat membantu meratakan warna kulit karena hiperpigmentasi, membantu jaringan parut dan mengurangi tampilan jerawat.

Kunyit juga bisa membantu dengan kecerahan kulit, menurut Ranavat, yang merupakan salah satu alasan penggunaannya dalam upacara pernikahan tradisional India.

Bahan lain yang populer digunakan dalam perawatan kecantikan alami adalah mawar atau air mawar yang terkenal memberikan efek menenangkan. Namrata Soni, seorang penata rias yang berbasis di Mumbai, mengatakan dia menggunakan campuran air mawar dan bubuk chandan (cendana) merah di wajahnya setidaknya sekali seminggu.

Shailja Vashisht, blogger kecantikan di balik A Bride Everyday juga mengatakan air mawar bisa digunakan untuk membuat krim tangan buatan sendiri dan untuk pedikur di rumah.

Aishwarya Rai (Miss World 1994). (Instagram/@aishwaryaraibachchan_arb)
Aishwarya Rai (Miss World 1994). (Instagram/@aishwaryaraibachchan_arb)

2. Minyak rambut adalah prioritas utama

Rambut, kata Ranavat, adalah bagian penting dari apa yang dipandang sebagai lambang kecantikan bagi perempuan India. Menurutnya, minyak amla adalah pilihan populer untuk rambut, seperti halnya kembang sepatu.

Davuluri, yang keluarganya berasal dari India selatan, menunjuk minyak kelapa sebagai perawatan rambutnya. Minyak tersebut dianggap sangat baik untuk melindungi rambut dari sengatan matahari dan iklim lembap di India.

Ketika datang untuk mewarnai rambut, Vashisht mengatakan banyak perempuan India menggunakan campuran berbasis pacar. Mereka membuat pasta menggunakan bahan lain, seperti jus bit, kopi atau teh dan mengoleskannya ke rambut.

Kajol Devgan. (Instagram/@kajol)
Kajol Devgan. (Instagram/@kajol)

3. Riasan mata adalah tentang kohl liner

''Kami mempunyai mata yang sangat ekspresif. Kami selalu berusaha menonjolkan mata kamu, membuat mata terlihat lebih besar,'' kata Soni.

Item riasan paling populer yang digunakan perempuan India untuk mata mereka adalah kohl atau kajal, tambah Soni. Saat ini, kohl dan kajal (juga kadang-kadang disebut surma) adalah kata-kata yang digunakan secara bergantian untuk menggambarkan riasan mata yang digunakan perempuan India.

Menurut Ranavat, perempuan India biasa membuat kohl mereka sendiri di rumah dengan mencelupkan bola kapas ke ghee dan menyalakannya untuk membuat api.

Kemudian, mereka akan menutupi api dengan timah logam, yang menyebabkan jelaga berkembang. Jelaga itu adalah apa yang nantinya gunakan untuk kohl atau kajal eyeliner.

''Anda akan bangun di pagi hari, mencuci muka, dan itu akan menjadi hal pertama yang Anda terapkan. Itulah kajal bagi perempuan India,'' tutur Soni.

Alia Bhatt. (Instagram/@aliaabhatt)
Alia Bhatt. (Instagram/@aliaabhatt)

4. Pada akhirnya, kecantikan adalah gaya hidup

Seperti dijelaskan Davuluri, rahasia perawatan kecantikan perempuan India lebih tentang perawatan terus menerus daripada solusi. Merawat tubuh dan kesehatan yang pada gilirannya memengaruhi kecantikan kulit adalah sesuatu yang terintegrasi ke dalam kehidupan sehari-hari dalam budaya India.

''Itu sesuatu yang saya pikir hilang dari kehidupan kita yang serba cepat. Perawatan diri adalah sesuatu yang harus berkelanjutan, bukan hanya satu hari,'' kata dia.

Cukup menarik dan bisa dipraktikkan, bukan? Perawatan kecantikan ala perempuan India ini juga bisa diikuti perempuan Indonesia. (Suara.com/Dinda Rachmawati)

Berita Terkait

Berita Terkini