Beauty

Jangan Asal, Begini Cara Paling Oke Pakai Pelembap dan Tabir Surya

Jangan remehkan pentingnya pakai pelembap dan tabir surya.

Rima Sekarani Imamun Nissa

Penggunaan sunscreen bermanfaat melindungi kulit dari paparan sinar matahari. (Unsplash/qi bin)
Penggunaan sunscreen bermanfaat melindungi kulit dari paparan sinar matahari. (Unsplash/qi bin)

Dewiku.com - Sebuah penelitian menyebutkan, banyak orang tidak tahu cara pakai pelembap dan tabir surya yang benar. Kebanyakan hanya sekadar mengoleskannya begitu saja di permukaan kulit.

Jarang yang benar-benar memastikan apakah semua permukaan kulit wajah sudah tertutupi dengan sempurna. Padahal, sangat penting untuk mengaplikasikan pelembap dan tabir surya dengan benar, terutama di area sekitar mata. Hal itu bisa berfungsi mencegah risiko terkena kanker kulit atau melanoma.

Sebelum sampai pada kesimpulan tersebut, tim peneliti dari University of Liverpool mempelajari bagaimana 84 orang memakai pelembap ber-SPF dan tabir surya. Mereka terdiri dari 62 perempuan dan 22 laki-laki. 

Peneliti mengambil foto dengan kamera peka-UV yang menunjukkan seberapa baik mereka mengaplikasikan pelembap dan tabir surya di wajah. Hasilnya, ditemukan hampir 17 persen area wajah terlewat saat mengaplikasikan pelembap, dan 11 persen yang terlewat saat mengaplikasikan tabir surya.

Dari semua area wajah, kelopak mata paling rentan terhadap kanker kulit, tapi malah banyak orang tidak menyadarinya.

Ilustrasi produk sunscreen. (Unsplash/Kori Nori)
Ilustrasi produk sunscreen. (Unsplash/Kori Nori)

''Kulit kelopak mata sangat tipis dan ini menempatkannya pada risiko tinggi terpapar sinar UV. Area di sekitar bulu mata dan antara kelopak mata serta hidung paling tidak tertutup,'' ujar peneliti sekaligus konsultan ahli bedah mata dan okuloplastik dari Aintree University Hospital Trust, Austin McCormick.

McCormick mengungkapkan, kanker yang tumbuh di kelopak mata menyumbang 10 persen dari semua karsinoma sel basal di Inggris atau jenis kanker kulit paling umum.

''Jika akan terpapar sinar matahari yang lama, kami sarankan menggunakan tabir surya. Kalau menggunakan pelembap, kami menyarankan yang mengandung SPF. SPF apapun lebih baik daripada tidak sama sekali, tetapi tidak boleh dianggap sama dengan tabir surya,'' kata McCormick menerangkan.

Perawatan wajah menggunakan pelembab. (Shutterstock)
Perawatan wajah menggunakan pelembap. (Shutterstock)

Holly Barber dari British Association of Dermatologists juga mengatakan, formula dalam pelembap SPF tidak tahan gesekan dan tidak tahan air jika diterapkan secara tipis-tipis.

''Cara yang baik untuk menghindari masalah seperti terbakar sinar matahari di daerah yang terlewatkan ketika menerapkan perlindungan matahari adalah dengan menggunakan pakaian pelindung seperti topi lebar dan kacamata hitam, serta menerapkan kembali pelembap dan tabir surya secara teratur,'' tutur dia. (Suara.com/Risna Halidi)

Berita Terkait

Berita Terkini