Tips Menggunakan Makeup Waterproof agar Kulit Tetap Sehat

Jangan sampai abaikan tips di bawah ini ya.

By: Dinar Surya Oktarini icon Senin, 29 April 2019 icon 07:00 WIB
Tips Menggunakan Makeup Waterproof agar Kulit Tetap Sehat

Perempuan menggunakan makeup. (Unsplash/Roberto Delgado Webb)

Ketika menghadiri acara penting maupun sedang melakukan aktivitas di luar ruangan tentu membutuhkan produk makeup yang tahan lama dan tidak mudah luntur saat terkena air atau keringat.

Nah, salah satu tips untuk mendapatkan tampilan wajah yang flawless dan tahan lama adalah dengan menggunakan makeup waterproof. Apalagi bagi kamu yang merasa malas untuk touch-up makeup.

Produk kecantikan dengan formula waterproof terbilang sangat bisa dimanfaatkan. Namun, sebelum memutuskan untuk memakainya sebaiknya ketahui dulu beberapa tips manggunakan makeup waterproof agar kulit tetap sehat.

1. Pilih moisturizer yang tepat

Ilustrasi memakai skincare. (Unsplash/Humphrey Mule)
Ilustrasi memakai skincare. (Unsplash/Humphrey Mule)

Wajib hukumnya untuk tetap memakai moisturizer yang tepat dan primer dengan benar. Penggunaan moisturizer yang sesuai akan membantu foundation menempel dengan baik pada wajah dan menghindari tampilan yang menggumpal.

Sebelum menggunakan foundation, kamu perlu mengaplikasikan primer, karena foundation waterproof biasanya memiliki formula yang berat. Penggunaan primer akan membantu wajah tetap terhidrasi dan tidak kering.

2. Hindari makeup dengan kandungan silikon

Silikon adalah salah satu komposisi dalam produk kecantikan yang menjadikan produk bersifat waterproof. Dalam makeup waterproof, silikon bekerja dengan menciptakan lapisan yang dapat mengunci kelembapan kulit dan membuat wajah menjadi mulus serta makeup tidak mudah luntur meski terkena air atau keringat.

Walau begitu, ternyata kandungan silikon dalam produk makeup waterproof bisa menimbulkan beberapa efek samping, seperti menyumbat pori-pori sehingga menyebabkan jerawat atau komedo, dan membuat kulit kusam.

3. Pilih produk dengan kandungan polymer

Ilustrasi makeup. (Shutterstock)
Ilustrasi makeup. (Shutterstock)

Menurut beberapa penelitian kandungan polymer yang terdapat dalam produk kecantikan waterproof dinilai lebih aman. Disarankan untuk mencari produk kecantikan yang mengandung Acrylates Copolymer dan Isododecane. Dua kandungan tersebut memiliki kemampuan tahan air dan tidak akan membahayakan kulit.

4. Pilih makeup remover yang tepat

Pada umumnya makeup waterproof lebih sulit dihapus dan memerlukan usaha lebih untuk bisa dihilangkan secara menyeluruh. Biasanya kamu akan membutuhkan makeup remover dengan kandungan minyak yang dikhususkan untuk menghilangkan makeup waterproof.

Jika kamu memilih makeup remover biasa, makeup waterproof tidak akan terhapus dengan mudah. Ini akan membuat kamu menggosok wajah terlalu keras sehingga dapat merusak kulit dan membuatnya dehidrasi.

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI