Puasa Juga Bermanfaat bagi Kesehatan Kulit lho, Penasaran?

Puasa memiliki banyak manfaat untuk kulit.

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Jumat, 10 Mei 2019 icon 09:00 WIB
Puasa Juga Bermanfaat bagi Kesehatan Kulit lho, Penasaran?

ILustrasi kesehatan kulit. (Shutterstock)

Jika selama ini kta hanya mendengar manfaat puasa untuk kesehatan tubuh, kali ini DewiKu akan berbagi manfaat puasa bagi kesehatan kulit. Hampir sama dengan cara kerjanya pada tubuh, kulit kita juga akan merasakan manfaat puasa dari proses detoksifikasi.

Seperti apa penjelasan rinciannya, berikut rangkumannya yang diambil dari berbagai sumber. Yuk, simak!

Detoksifikasi

Baca Juga: Seperti Sinar Matahari, Memasak Juga Bisa Membahayakan Kesehatan Kulit

Puasa juga ampuh mendetoksifikasi kulit lho, Girls. Racun-racun dalam tubuh akan dilepaskan secara bertahap dan lebih cepat dari biasanya. Proses ini akan membuat kulit lebih kenyal bersih dan segar.

Perawatan wajah. (Shutterstock)
Ilustrasi kesehatan kulit. (Shutterstock)

Atasi jerawat

Selain membuat kulit lebih keyal, proses detoksifikasi kulit ketika puasa juga mengatasi masalah jerawat. Dengan berpuasa, bakteri dan racun yang ada di dalam tubuh akan mudah hilang, sehingga kulit kembali mulus.

Baca Juga: Pamer Kebersamaan di Awal Bulan Puasa, Wajah Maia Estianty Bikin Salfok

Mencegah iritasi

Penyebab iritasi kulit ada banyak dan salah satu yang paling sering adalah alergi makanan. Ketika kita puasa, otomatis asupan makanan lebih sedikit dan peluang terjadinya iritasi kulit juga dapat ditekan.

Ilustrasi sakit kulit. (Shutterstock)
Ilustrasi iritasi. (Shutterstock)

Mencerahkan kulit

Manfaat puasa berikutnya adalah membantu mencerahkan kulit. Iya, kalian nggak salah dengar, kok. Puasa memang bisa meningkatkan kecerahan kulit karena ketika berpuasa, banyak sel kulit rusak yang diperbaiki. Regenerasi sel ini yang akan membuat kulit kita terlihat lebih cerah.

Baca Juga: Ingin Turunkan Berat Badan saat Ramadan? Ini Periode Paling Efektif

Agar hasil maksimal, pastikan asupan makanan ketika berbuka dan sahur memiliki gizi yang tinggi. Selalu konsumsi air putih cukup, baik itu saat buka atau sahur. Hal ini sangat penting agar tubuh dan kulit tidak dehidrasi.

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI