Beauty

Pakai Hijab Sepanjang Hari, Ini Tips Rambut Anti Lepek

Bye-bye, rambut lepek.

Rima Sekarani Imamun Nissa | Kintan Sekarwangi

Perempuan berhijab. (Unsplash/Ifrah Akhter)
Perempuan berhijab. (Unsplash/Ifrah Akhter)

Dewiku.com - Hampir semua perempuan berhijab mengeluh merasa lebih sering mengalami berbagai masalah rambut. Banyak yang bikin tak nyaman, mulai dari rambut rontok hingga rambut lepek karena memakai hijab seharian penuh.

Biasanya, ketika rambut sudah lepek, itu akan mempengaruhi mood menjadi jelek karena kulit kepada terasa lebih panas, cepat berkeringat, dan rambut berminyak.

Apalagi saat kita sedang banyak kegiatan di siang hari, kemungkinan rambut lepek sangat besar. Namun, penyebab rambut lepek tak hanya itu sajam lho.

Penyebab rambut lepek lainnya adalah gaya perawatan rambut yang salah atau tidak cocok dengan beberapa produk haircare tanpa kita sadari sebelumnya.

Jika kamu adalah perempuan berhijab dan sering sekali merasakan rambut lepek, mungkin kamu perlu perhatikan tips rambut anti lepek walau pakai hijab di bawah ini.

1. Memakai masker rambut

Cara mengatasi rambut lepek yang pertama adalah menggunakan masker rambut. Hal ini untuk melengkapi performa dari sampo dan juga kondisioner yang selama ini kamu gunakan. Menggunakan masker rambut yang rutin akan mengatasi masalah rambut lepek dan membuat rambut menjadi makin sehat dan berkilau.

Mengeringkan rambut pakai hair dryer. (Shutterstock)
Mengeringkan rambut pakai hair dryer. (Shutterstock)

2. Keringkan rambut sebelum tidur

Punya kebiasaan tidur dengan kondisi rambut basah? Sebaiknya jangan lakukan hal ini lagi, ya. Sebab ini akan membuat rambutmu akan langsung lepek di pagi hari karena tertekan oleh bantal dalam jangka waktu yang sangat lama.

3. Keramas dengan air hangat

Salah satu cara mengatasi rambut lepek lainnya adalah dengan mencuci rambut dengan air hangat. Air hangat lebih efektif mengangkat minyak yang berlebih. Namun, sangat disarankan jangan memakai air yang terlalu panas karena bisa menyebabkan rambut rontok. Jadi harus menjaga suhu air dengan sangat hati-hati, ya.

Ilustrasi potong rambut. (Pixabay)
Ilustrasi potong rambut. (Pixabay)

4. Potong rambut yang terlalu panjang

Mempunyai rambut panjang memang indah. Namun jika terlalu panjang, dapat menyebabkan rambut menjadi mudah lepek. Oleh karena itu, tidak ada salahnya rutin tiga bulan sekali melakukan potong rambut.

5. Jangan gonta-ganti gaya dan warna rambut

Memang sebagaian perempuan suka sekali mengganti warna dan bentuk rambut. Kelihatannya rambut akan bagus dan cantik. Namun bila tidak dirawat dengan baik, maka akan makin merusaknya, termasuk membuatnya makin berminyak. Itulah yang menyebabkan rambut lepek.

Berita Terkait

Berita Terkini