Amankah Pakai Campuran Produk Skincare Racikan Sendiri? Ini Kata Dermatolog

Produk skincare seperti apa yang boleh dicampur?

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Sabtu, 08 Juni 2019 icon 20:00 WIB
Amankah Pakai Campuran Produk Skincare Racikan Sendiri? Ini Kata Dermatolog

llustrasi skincare krim perawatan dari dokter. (Pixabay/photosforyou)

Pernah dengar istilah skincare cocktail? Bisa jadi tanpa sadar kamu juga telah melakukannya, yakni mencampur beberapa produk skincare sekaligus agar lebih praktis saat digunakan.

Bukan hanya menghemat waktu, skincare produk disebut dapat mengoptimalkan kerja kandungan produk perawatan kulit dan memberikan manfaat plus. Cara ini juga umum diaplikasikan untuk mengatasi masalah kulit tertentu, terutama yang tidak cepat mereda dengan satu produk saja.

Dilansir dari Refinery 29, praktek mencampurkan beberapa produk skincare sudah dianggap wajar untuk dilakukan banyak orang, bahkan para dermatolog.

Baca Juga: Siap Jadi Tren Kecantikan Baru ala Korea, Inilah Manfaat Red Oil

"Anda tidak butuh 12 produk untuk dicampurkan, kadang dua produk saja sudah cukup," ungkap seorang dermatolog, Karyn Grossman.

Meski terkesan mudah dan praktis, tetap ada beberapa peringatan yang mesti diperhatikan, khususnya seputar kandungan skincare yang tidak boleh dipakai secara bersamaan.

Dikutip dari Glamour Magazine, skin specialist and lead product developer Coloresciene, Patricia Boland, mengungkapkan, kita perlu mencari tahu dan memastikan produk skincare apa saja yang bisa dan boleh dicampur.

Baca Juga: Kadang Suka Malas Merawat Kulit, Intip Rahasia Cantik Nycta Gina

Produk skincare mengandung bahan alami. (Shutterstock)
Produk skincare mengandung bahan alami. (Shutterstock)

Pasalnya, beberapa kandungan skincare memang bisa bekerja lebih efektif saat dicampur dengan yang lain. Namun, ada juga malah sama sekali tidak bisa dipadukan dengan apapun.

Karyn Grossman juga memperingatkan untuk tidak sembarangan ketika melakukan skincare cocktail.

"Skincare cocktail dapat bersifat agresif terhadap kulit. Hal yang sering terjadi adalah menggunakan campuran skincare terlalu banyak dan cepat sehingga kulit mengalami inflamasi dan iriitasi."

Nah, selain mengetahui produk skincare apa saja yang boleh dicampur atau digunakan bersamaan, lebih baik hindari mengaplikasikan terlalu banyak produk hasil 'oplosan' pribadi itu.

Ilustrasi perawatan kulit wajah. (Shutterstock)
Ilustrasi perawatan kulit wajah. (Shutterstock)

Jika berniat mencampur lebih dari dua produk skincare, lakukan secara bertahap. Jangan campurkan semuanya sejak begitu saja, terlebih pada pemakaian pertama.

Beberapa kombinasi skincare yang bisa dicoba adalah niacinamide dan retinoid, face oil dan night cream, serta hyaluronic acid dan moisturizer.

Baca Juga: Centella Asiatica, Harapan Solutif bagi Pemilik Kulit Acne Prone

Namun kalau Anda sendiri tidak begitu yakin, sebaiknya langsung tanyakan pada dermatolog atau sekalian saja tidak mencoba-coba mencampur produk skincare tersebut.

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI