Bisa Jadi Andalan Mengatasi Penuaan Kulit, Ini Manfaat Flaxseed Oil

Berikut beberapa manfaat flaxseed oil.

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Rabu, 12 Juni 2019 icon 14:45 WIB
Bisa Jadi Andalan Mengatasi Penuaan Kulit, Ini Manfaat Flaxseed Oil

Flaxseed oil. (Shutterstock)

Flaxseed oil atau minyak minyak biji rami disebut mempunyai banyak manfaat bagi perawatan kecantikan. Apa saja kira-kira, ya?

Termasuk kategori superfood, biji rami sering dikonsumsi dalam kondisi utuh atau diolah menjadi tepung. Biji-bijian ini dikenal punya manfaat yang baik untuk kesehatan, termasuk membantu menurunkan berat badan.

Flaxseed juga dapat diolah menjadi minyak esensial. Dilansir dari ncbi.nlm.nih.gov, penelitian yang dipublikasikan oleh National Center for Biotechnology Information menyebutkan beberapa manfaat flaxseed oil bagi kecantikan kulit.

Baca Juga: Kenalan dengan Zareen Khan, Artis Muslim Bollywood yang Memesona

Minyak alami dari hasil ekstraksi tanaman berbunga biru yang banyak tumbuh di padang rumput wilayah Kanada Barat ini disebut sebagai minyak yang paling banyak mengandung fatty acid. Pada ahli bahkan mengatakan flaxseed oil mengandung 50-60% omega 3 dalam bentuk asam alfa linolenat.

Omega 3 sendiri diketahui memiliki banyak manfaat untuk kulit, salah satunya antiperadangan. Hebatnya, omega 3 pada flaxseed oil diklaim lebih banyak dari kandungan pada minyak ikan.

Minyak esensial (Shutterstock)
Minyak esensial (Shutterstock)

Flaxseed oil juga mengandung omega 6 yang membantu proses regenerasi sel, omega 9 yang mengoptimalkan penyerapan vitamin pada tubuh, antioksidan yang ampuh melawan radikal bebas, hingga vitamin B yang baik untuk kesehatan kulit dan rambut.

Baca Juga: Air Kelapa Jadi Favorit Buka Puasa, Ini Manfaatnya untuk Kecantikan

Minyak biji rami juga mengandung kalium, lesitin, magnesium, protein, serat, dan zink. Tidak heran kalau kemudian flaxseed oil dikatakan ampuh melawan tanda-tanda penuaan kulit, seperti keriput, bintik hitam, dan lainnya.

Baca Juga: Selalu Jalan Kaki ke Sekolah, Berat Badan Remaja Ini Turun 100 Kilogram

Ilustrasi kesehatan dan perawatan wajah. (Shutterstock)
Ilustrasi kesehatan dan perawatan wajah. (Shutterstock)

Manfaat flaxseed oil bisa diperoleh dengan mengonsumsinya dalam bentuk suplemen maupun mengaplikasikan langsung pada kulit. Namun, jangan lupa lakukan patch tes untuk mengetahui reaksi kulit terhadap berbagai kandungan biji rami, seperti saat kamu ingin menggunakan produk perawatan lainnya.

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI