Beauty

Tanpa Sakit dan Anti Mewek, Saatnya Mencoba Photo Facial

Selamat tinggal, facial konvensional yang sakitnya lebih dari patah hati.

Rima Sekarani Imamun Nissa

Ilustrasi wajah cerah. (DewiKu.com/Ema Rohimah)
Ilustrasi wajah cerah. (DewiKu.com/Ema Rohimah)

Dewiku.com - Facial konvensional identik dengan rasa sakit, terutama saat komedo diekstraksi dari kulit wajah. Belum lagi dengan efek kulit kemerahan sesudahnya yang membuatmu harus segera pulang setelah melakukan perawatan wajah tersebut. Lanjut nongkrong dengan kondisi wajah seperti itu? Big no!

Namun, hal seperti itu tak akan lagi kamu alami jika beralih ke photo facial, bentuk modern dari facial yang selama ini kamu kenal. Selain tidak sakit, photo facial menawarkan deretan kelebihan dibanding facial konvensional.

Menurut dr. Anangga Dipamira atau biasa disapa dr. Mira dari Zap Clinic, jika facial konvensional umumnya identik dengan proses ekstraksi komedo atau mengeluarkan komedo, tidak ada tahapan ini pada photo facial.

"Itu sebabnya, photo facial bisa dibilang tidak ada sakit sama sekali," katanya, dikutip dari Suara.com.

"Photo facial sendiri, kalau rutin dilakukan, komedo lama-lama akan rontok dengan sendirinya. Tapi memang bertahap. Jadi, tidak perlu diekstraksi yang bikin kulit jadi kemerahan dan pori-pori membesar," kata dia lagi.

Photo facial saat ini diyakini sebagai salah satu bentuk perawatan wajah modern yang aman dan nyaman untuk perempuan yang ingin memiliki kulit sehat yang cerah dan bebas jerawat. Bagaimana prosedurnya?

1. Face toning

Tahapan pertama adalah menembakkan sinar laser ke seluruh permukaan wajah menggunakan Fotona, teknologi laser terbaik dari Eropa. Fungsinya adalah mengurangi hiperpigmentasi kulit di lapisan dalam (dermis), mengecilkan pori-pori, mengurangi minyak berlebih, meningkatkan produksi kolagen sehingga kulit lebih halus dan cerah.

Photo facial - face toning. (Instagram/@zapcoid)
Photo facial - face toning. (Instagram/@zapcoid)

"Krim perawatan wajah hanya mampu menutrisi di lapisan permukaan atas saja. Dengan laser Fotona, manfaatnya bisa bekerja hingga ke lapisan kulit terdalam," ungkap dr. Mira.

2. Alma rejuvenation

Tahapan kedua adalah mengaplikasikan formulated gel dingin di seluruh area wajah guna melindungi energi panas yang akan diberikan. Tahapan ini menggunakan teknologi Advanced Fluorescense Technology (AFT) dari Alma yang lebih tinggi dari teknologi Intensed Pulse Light (IPL) pada umumnya.

Treatment ini efektif mengatasi hiperpigmentasi kulit lapisan atas (epidermis dan dermis), melembapkan, serta menjadikan kulit lebih kenyal dan cerah optimal. Sensasi yang timbul adalah rasa hangat pada wajah.

Photo facial - alma rejuvenation. (Instagram/@zapcoid)
Photo facial - alma rejuvenation. (Instagram/@zapcoid)

3. Oxy infusion

Tahap terakhir adalah mengaplikasikan serum menggunakan oksigen bertekanan tinggi pada kulit yang bakal diserap langsung oleh lapisan kulit wajah melalui pori-pori. Efeknya adalah menyegarkan dan menjaga kelembapan kulit.

Treatment ini juga bersifat soft peel untuk membersihkan kulit wajah dari debu dan kotoran yang dapat menyebabkan kulit wajah menjadi kusam. "Jika melakukan treatment ini sebelum makeup, hasil makeup akan lebih menempel di kulit wajah," kata dr. Mira.

Oleh karena itu, tak heran jika banyak perempuan yang melakukan treatment sebelum pergi ke pesta yang mengharuskannya full makeup.

Photo facial - oxy infusion. (Instagram/@zapyogyakarta)
Photo facial - oxy infusion. (Instagram/@zapyogyakarta)

Seluruh rangkaian photo facial ini akan selesai hanya dalam waktu 45 menit. Hasil yang langsung terlihat setelahnya adalah kulit lebih bersih, warna kulit menjadi lebih cerah, dan terasa kenyal.

"Kalau dilakukan di jam istirahat kantor, pasien bisa langsung pakai makeup lagi, karena tidak ada downtime setelah photo facial," ucap dr. Mira.

Tertarik melakukan photo facial juga? Menurut dr. Mira, persiapan yang harus kamu lakukan sebelum photo facial adalah pastikan tidak melakukan sun bathing atau berjemur 2 minggu sebelum photo facial.

"Khawatir terjadi iritasi, kulitnya jadi merah dan gatal, karena habis terbakar sinar matahari, kemudian ditambah dengan treatment menggunakan laser dan AFT," katanya.

Selain itu, kamu juga akan diarahkan untuk berkonsultasi dengan dokter sebelum melakukan photo facial yang pertama. Dokter perlu menganalisis kondisi kulit, dan menyarankan jenis perawatan yang paling tepat sesuai dengan masalah yang dihadapi kulit.

Misalnya jika kulit kamu sangat berjerawat, kamu mungkin akan disarankan untuk melakukan photo facial acne, yang memiliki tahapan kurang lebih sama seperti photo facial biasa, tapi ditambahkan treatment acne active laser yang bekerja mematikan bakteri penyebab jerawat.

Setelah photo facial, dr. Mira juga menyarankan untuk tidak mengaplikasikan krim malam selama 2 hari agar kulit relaks.

Photo facial sendiri sangat aman dilakukan siapa pun. Meski begitu, tentu saja tetap ada pengecualian untuk ibu hamil, penderita autoimun, penderita vitiligo, dan mereka yang sedang minum obat jerawat Roaccutane karena membuat kulit jadi photosensitif.

Meski terdiri dari 3 tahapan yang saling bersinergi, setiap tahapan dalam photo facial bisa juga kamu pilih dan lakukan secara terpisah, lho. Artinya, kamu bisa memilih dan menjalani treatment yang sesuai dengan kebutuhan wajah dan budget.

Peminat metode perawatan wajah ini pun semakin tinggi dari hari ke hari, terutama menjelang momen tertentu, misalnya mau acara pesta, menjelang wisuda, atau bahkan menjelang Lebaran di mana perempuan ingin tampil maksimal.

Seluruh rangkaian photo facial ini dapat kamu lakukan di seluruh outlet Zap Clinic. Sangat berpengalaman dengan telah melakukan lebih dari 3 juta prosedur laser, menjadikan Zap pilihan terbaik di bidangnya. (Suara.com/Vania Rossa)

Berita Terkait

Berita Terkini