Selain Biji Kacang Hijau, Lihat Rahasia Kecantikan Perempuan Tiongkok

Rahasia kecantikan perempuan Tiongkok ini menggunakan bahan alami semua.

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Kamis, 12 September 2019 icon 16:00 WIB
Selain Biji Kacang Hijau, Lihat Rahasia Kecantikan Perempuan Tiongkok

Ilustrasi perawatan kecantikan. (DewiKu.com/Ema Rohimah)

Selama ini kita cuma mengetahui rahasia kecantikan perempuan Korea dan Jepang yang terkenal itu. Namun, siapa sangka wilayah lain di Asia juga mempunyai rahasia kecantikan unik, salah satunya Tiongkok.

Rahasia kecantikan perempuan Tiongkok ini khas dengan kulit halus dan bersinar. Dilansir dari Byride, salah satu rahasia kecantikan tersebut didapatkan dari perawatan kulit warisan nenek moyang.

Ramuan warisan nenek moyang tersebut menggunakan berbagai bahan alami dan ritual kecantikan tradisional. Bahkan hingga sekarang, tak sedikit para perempuan Tiongkok yang masih menjalankan perawatan kecantikan tradisonal tersebut.

Baca Juga: Cuma di Rumah Seharian, Ini Alasan Sunscreen Tak Seharusnya Diabaikan

Jika kamu ingin punya kulit halus dan glowing seperti perempuan Tiongkok, di bawah ini ada beberapa rahasia kecantikan yang kamu coba.

1. Buah goji

Tak cuma dalam dunia pengobatan, masyarakat Tiongkok juga banyak memanfaatkan berbagai tumbuhan alami untuk perawatan kecantikan. Salah satu yang populer adalah buah goji.

Baca Juga: Jadi Pacar Jihyo TWICE, Ini Rahasia Perawatan Kulit Kang Daniel

Ilustrasi perawatan wajah. (Shutterstock)

Buah berwarna merah yang masuk ke dalam golongan superfood ini sudah digunakan sejak lama oleh para perempuan Tiongkok guna membuat kulit menjadi tetap terlihat awet muda.

Buah goji sendiri dikenal mempunyai manfaat anti-oksidan berkat kandungan vitamin C yang tinggi, sehingga mampu membantu mencegah terjadinya kerusakan sel-sel kulit akibat radikal bebas.

2. Biji kacang hijau

Sejak masa kekaisaran China kuno, kacang hijau tak cuma dimanfaatkan sebagai bahan makanan, tapi juga diolah untuk merawat kecantikan para permaisuri maupun putri-putri raja dengan menjadikannya sebagai masker wajah.

Kacang hijau mengandung anti-inflammatory agen yang bisa bermanfaat untuk merawat kulit yang sedang mengalami jerawat meradang ataupun iritasi. Masker yang dibuat dari bubuk kacang hijau dapat digunakan untuk sebagai astringent, menyejukkan kulit dan meredakan peradangan.

3. Sarang burung walet

Sarang burung walet memang sudah dikenal sejak dahulu akan manfaatnya yang begitu banyak bagi kesehatan karena kaya akan kandungan nutrisi organik, seperti protein gliko, asam amino, dan mineral penting.

Ilustrasi perawatan wajah. (Shutterstock)
Ilustrasi perawatan wajah. (Shutterstock)

Masyarakat Tiongkok percaya jika sarang burung mempunyai sifat tonik yin karena memiliki kemampuan untuk mendinginkan tubuh. Selain memberikan efek baik bagi kesehatan, sarang burung walet juga memiliki berbagai manfaat untuk kecantikan.

Hal itu di antaranya adalah peremajaan sel-sel kulit, dan juga meningkatkan elastisitas pada kulit sehingga mencegah kulit keriput dan kendur.

4. Pijat dan akupuntur

Sirkulasi darah yang lancar tak hanya memberikan efek yang baik untuk kesehatan tubuh. Kondisi kulit juga akan menjadi lebih baik.

Sejak zaman dahulu, para perempuan Negeri Tirai Bambu gemar melakukan perawatan pijat dan akupuntur yang dipercaya dapat membantu membuat sikrulasi dari menjadi lebih baik dan lancar.

Manfaatnya antara lain membantu proses detoksifikasi pada tubuh, meningkatkan produksi kolagen, hingga meringankan gejala eksim dan psoriasis.

Ilustrasi perawatan wajah. (Shutterstock)

Selain pijat dan akupuntur, para perempuan Tiongkok juga menggunakan jade roller yang terbuat dari batu giok. Alat itu dipakai untuk pijat wajah guna meningkatkan sirkulasi darah dan mengencangkan kulit wajah.

5. Teh

Umumnya masyarakat di daerah Asia sangat suka mengonsumsi teh. Hal itu pun berlaku untuk perempuan-perempuan di Tiongkok. Hal yang berbeda, biasanya mereka bakal mengonsumsi teh herbal dengan jenis tertentu yang sesuai dengan kebutuhan kulit.

Baca Juga: Tetap Awet Muda saat Hamil Anak Kedua, Ini Rahasia Kecantikan Anne Hathaway

Contohnya, teh yang terbuat dari goji dan bunga krisan yang dikonsumsi untuk membantu proses detoksifikasi. Namun, teh hijau menjadi jenis teh yang paling populer dan sering diminum karena tingginya kandungan antioksidan.

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI