Waduh, Polusi Udara Punya Efek Buruk pada Kesehatan Rambut

Rambut juga perlu perlindungan ekstra.

By: Dany Garjito icon Rabu, 16 Oktober 2019 icon 17:00 WIB
Waduh, Polusi Udara Punya Efek Buruk pada Kesehatan Rambut

Ilustrasi rambut pirang. (Pixabay)

Paparan polusi udara tak hanya menyerang kesehatan, tapi juga kecantikan kulir dan rambut. Sebab menurut penelitian, polusi udara membawa pengaruh buruk dari pertumbuhan rambut.

Dilansir dari Well and Good, para peneliti dan L'Oreal, menemukan bahwa hal-hal yang disebut hidrokarbon aromatik polycyclic photo-toxic (PAH) di udara menurunkan kesehatan rambut karena meningkatnya paparan polusi.

Para peneliti mengambil gambar mikroskopis dari 200 serat rambut dari wanita di Baoding dan Dialian, China, dan memeriksa kutikula dan jaringan korteks.

Baca Juga: Bikin Insecure, Ini 5 Masalah Rambut Langganan Wanita Berhijab

"Mereka menemukan peningkatan degradasi struktural serat rambut dari waktu ke waktu dengan peningkatan konsentrasi PAH," tulis laporan penelitian yang diterbitkan di Prosiding National Academy of Sciences itu.

"Polusi telah lama terbukti merusak kulit, menyebabkan kerusakan radikal bebas yang mengarah pada penuaan dini dan bintik-bintik gelap," kata Joshua Zeichner, MD, seorang dokter kulit yang berbasis di New York.

Ilustrasi rambut panjang. (Pexels/Gabriel Antonio)
Ilustrasi rambut panjang. (Pexels/Gabriel Antonio)

 

Baca Juga: Polusi Udara Mengancam Kesehatan Kulit, Begini Cara Cegahnya

"Molekul-molekul ini telah terbukti menyebabkan kerusakan struktural pada poros rambut, mengganggu lapisan luar, yang mungkin terkait dengan kerusakan dan kerapuhan," tambahnya.

Baca Juga: Jangan Panik, Ini Cara Mudah Atasi Rambut Ngembang

Namun, jangan khawatir, kita bisa melindungi helai rambut dengan menggunakan produk yang mengandung antioksidan.

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI