Perlindungan Optimal, Ini Pentingnya Gunakan Sunscreen Setiap 2 Jam Sekali

Mengapa penggunaan sunscreen setiap dua jam sekali menjadi begitu penting?

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Kamis, 31 Oktober 2019 icon 19:00 WIB
Perlindungan Optimal, Ini Pentingnya Gunakan Sunscreen Setiap 2 Jam Sekali

Melindungi kulit dengan tabir surya. (Shutterstock)

Banyak ahli kulit menganjurkan pemakaian sunscreen atau tabir surya setiap dua jam sekali. Namun, mengapa harus dilakukan sampai sebegitunya?

Melansir Hellosehat, kebanyakan sunscreen dengan SPF 15 atau lebih tinggi kandungannya, mampu bekerja dengan baik melindungi kulit dari sinar UVB. Namun, terdapat dua kelemahan yang perlu diperhatikan.

Pertama, sunscreen cuma bertahan sekitar 2-3 jam setelah pemakaian. Kedua, biasanya penggunaan tabir surya ini dapat memerahkan kulit karena hanya melindungi dari sinar UVB. Oleh karenanya, terdapat kemungkinan efek dari UVA yang bisa Anda peroleh.

Baca Juga: Jadi Merah Kecokelatan, Bagaimana Sinar Matahari Bisa Ubah Warna Rambut?

Nah, durasi ketahanan adalah salah satu faktor mengapa sangat penting menggunakan sunscreen setiap dua jam. Jika sering beraktivitas di luar ruangan, Anda sangat memerlukan tabir surya dengan SPF tinggi dan antiair.

Ketika beraktivitas di luar ruangan, Anda kemungkinan besar sangat sering terpapar sinar matahari sehingga akan mudah berkeringat. Oleh karenanya, sunscreen anti air sangat dianjurkan karena tidak akan cepat luntur.

Memakai sunscreen. (Shutterstock)

Selain itu agar kulit tidak cepat terbakar, tabir surya mesti digunakan 30 menit sebelum beraktivitas di luar.

Baca Juga: Baca Dulu Sebelum Beli, Yuk Kenali Bedanya Sunscreen Kimia dan Mineral

Setelah itu, tentu saja tetap sangat penting bagi Anda untuk memakainya kembali setiap dua jam agar kulit terlindungi secara optimal. Tidak lupa, aplikasikan ulang juga seusai berenang, berolahraga, atau setelah memakai handuk.

Sementara itu, perlu diingat bahwa ini bukan berarti kita cuma bergantung pada tabir surya untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari. Tabir surya tak benar-benar dapat menjaga kita dari kulit terbakar, melepuh, hingga kanker.

Penggunaan sunscreen bermanfaat melindungi kulit dari paparan sinar matahari. (Unsplash/qi bin)
Penggunaan sunscreen bermanfaat melindungi kulit dari paparan sinar matahari. (Unsplash/qi bin)

Jelas dibutuhkan perlindungan lain untuk mengoptimalkan manfaat sunscreen agar terhindar dari dampak buruk radiasi matahari, antara lain dengan menggunakan beberapa hal lain seperti:

Baca Juga: Cuma di Rumah Seharian, Ini Alasan Sunscreen Tak Seharusnya Diabaikan

  1. Lip balm SPF 30
  2. Topi
  3. Kacamata hitam dengan perlindungan sinar UV
  4. Pakaian berlengan panjang

Sebagai informasi, radiasi matahari yang punya efek buruk berada pada kisaran pukul 10 pagi hingga 4 sore. Jika memungkinkan, cobalah untuk mengurangi aktivitas di luar pada jam-jam tersebut.

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI