Solusi Rambut Rusak, Lakukan Hair Steaming di Rumah, yuk!

Hair steaming adalah solusi cerdas untuk mengisi liburan kamu di rumah.

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Sabtu, 09 November 2019 icon 16:00 WIB
Solusi Rambut Rusak, Lakukan Hair Steaming di Rumah, yuk!

Perawatan rambut. (Shutterstock)

Perawatan rambut tak selamanya dilakukan di salon. Beberapa yang mudah juga bisa kita lakukan sendiri di rumah, misalnya hair steaming.

Sesuai namanya, hair steaming ini dilakukan dengan menguapkan rambut sehingga penyerapan nutrisi dapat menjadi lebih maksimal.

Di negara barat, hair steaming sudah umum dilakukan. Biasanya, orang keturunan afro rutin melakukan perawatan ini agar rambut mereka tampak lebih indah dan mudah diatur.

Baca Juga: Tradisi Melegenda, Wanita Suku Yao Cuma Potong Rambut Sekali Seumur Hidup

Melansir Glamour Magazine, hair steaming punya beberapa manfaat, salah satunya membuka pori-pori di kulit kepala. Disebutkan jika perawatan hair steaming bisa membuat rambut lebih lembut hingga 9 kali lipat.

Hair steaming juga bisa membersihkan kulit kepala lebih mendalam. Jadi, metode ini ampuh menghilangkan kotoran dan sisa produk seperti sampo dan kondisioner dari kulit kepala.

Ilustrasi cuci rambut. (Shutterstock)

Gelombang hangat yang dirasakan di kulit kepala juga memperlancar peredaran darah sehingga membuat kita lebih rileks dan nyaman.

Baca Juga: Waduh, Polusi Udara Punya Efek Buruk pada Kesehatan Rambut

Lalu, apakah hair steaming bisa dilakukan di rumah? Jawabannya, tentu bisa! Hal yang harus disiapkan cuma handuk yang sudah diuapi air panas dan shower cap.

Ilustrasi. (shutterstock)
Ilustrasi cuci rambut sebelum hair steam. (shutterstock)

Pertama, keramas seperti biasa dan aplikasikan kondisioner atau minyak esensial yang sesuai kebutuhan rambut. Selanjutnya, tutup kepala dengan shower cap dan bungkus dengan handuk yang telah diuapkan.

Baca Juga: Fakta Perawatan Keratin Rambut, Bikin Mahkotamu Lebih Mudah Diatur

Biarkan sekitar 10 sampai 15 menit dan bilas rambut kembali hingga bersih. Lakukan secara rutin dan rasakan perbedaannya. Selamat mencoba hair steaming !

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI