7 Perawatan Kulit Ini Efektif Hilangkan Bopeng Bekas Jerawat, Sudah Coba?

Begini metode ampuh menghilangkan bopeng bekas jerawat.

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Kamis, 14 November 2019 icon 18:30 WIB
7 Perawatan Kulit Ini Efektif Hilangkan Bopeng Bekas Jerawat, Sudah Coba?

Ilustrasi jerawat. (Shutterstock)

Jerawat memang masalah kulit yang sangat menyebalkan karena mengganggu penampilan. Menghilangkan bekas jerawat juga bukan perkara murah, apalagi jika sudah membentuk bopeng.

Bopeng bekas jerawat mungkin sangat sulit diatasi jika cuma mengandalkan obat jerawat atau skincare. Anda juga butuh perawatan kulit dari dokter ahli,

Melansir Hellosehat, berikut beberapa perawatan kulit untuk menghilangkan bekas jerawat. Walau tak dapat menutupi bopeng bekas jerawat 100 persen, beberapa cara berikut ini sedikit banyak bisa membantu menyamarkannya.

Baca Juga: Sering Salah Kaprah, Jangan Percaya Mitos tentang Sunscreen Ini Lagi!

1. Derma filler

Derma filler adalah prosedur penyuntikan wajah untuk mengangkat luka bopeng agar ketinggiannya rata dengan area kulit lainnya. Sederhananya, derma filler dilakukan dengan mengisi atau menambal bagian kulit yang berlubang.

Bahan yang digunakan biasanya berupa kolagen, lemak Anda sendiri, atau bahan lainnya seperti asam hialuronat. Hanya saja karena efeknya tidak bertahan lama, cara ini mesti dilakukan secara berulang kali dengan jarak 6 sampai 18 bulan supaya hasilnya maksimal.

Baca Juga: Bikin Sebal, Ini Alasan Komedo Hobi Banget Berkumpul di Hidung

Filler wajah [shutterstock]
Filler wajah [shutterstock]

2. Microneedling

Jika ingin menghilangkan bopeng bekas jerawat, Anda juga bisa melakukan microneedling. Teknik ini menggunakan rol kecil berisi jarum-jarum halus yang ditusukkan ke kulit guna membantu mengurangi kedalaman bekas jerawat.

Microneedling juga sering disebut terapi induksi kolagen. Pasalnya, jenis perawatan kulit ini bisa merangsang pembentukan lebih banyak kolagen untuk mengisi lekukan atau bopeng pada wajah.

Menurut American Academy of Dermatology, perawatan ini butuh waktu yang cukup lama hingga 9 bulan untuk melihat perubahannya. Metode ini terbilang aman untuk semua jenis dan warna kulit.

3. Dermabrasi dan mikrodermabrasi

Dermabrasi menjadi salah satu cara paling ampuh menghilangkan bopeng bekas jerawat. Dokter atau ahli kecantikan umumnya menggunakan sejenis kawat kecil halus yang berputar untuk mengangkat lapisan atas kulit secara lebih dalam.

Selama masa pemulihan, akan tumbuh lapisan kulit baru yang lebih halus. Namun, efeknya tak terlihat instan karena biasanya membutuhkan 10 hari sampai 3 minggu.

Selain dermabrasi, ada juga mikrodermabrasi. Bedanya, metode ini menggunakan butiran kristal bikarbonat atau aluminium oksida untuk mengangkat lapisan terluar kulit yang rusak. Cara ini ampuh menyamarkan bopeng bekas jerawat yang kecil dan belum terlalu dalam.

Teknologi laser untuk perawatan kulit wajah makin berkembang. (Shutterstock)
Teknologi laser untuk perawatan kulit wajah makin berkembang. (Shutterstock)

4. Chemical peeling

Chemical peeling adalah prosedur pengangkatan sel kulit mati dengan menggunakan krim khusus berbahan dasar kimia. Jika dilakukan teratur, ini dapat membantu mengurangi jaringan parut dan bahkan menghilangkan bopeng bekas jerawat.

Penting untuk dicatat bahwa chemical peeling harus dilakukan di tempat praktik dokter kulit atau dermatolog agar membuahkan hasil optimal sekaligus menghindari risikonya. Pasalnya, kulit wajah Anda rentan mengalami kemerahan dan pengelupasan selama beberapa hari setelahnya.

5. Laser resurfacing

Prosedur laser resurfacing alias laser wajah ini dilakukan dengan menghilangkan lapisan atas kulit (epidermis) sekaligus mengencangkan lapisan tengah kulit (dermis). Kelebihannya, perawatan laser menjanjikan waktu penyembuhan yang lebih cepat ketimbang jenis perawatan kulit bopeng lain.

Laser wajah ini juga bermanfaat merangsang regenerasi kulit pada bekas jerawat. Syaratnya, Anda mesti benar-benar menjaga area wajah yang ditutupi perban selama 3-10 hari agar kulit bisa pulih sepenuhnya.

6. Cangkok kulit wajah

Jenis perawatan kulit yang satu ini mungkin masih terdengar asing. Ya, pencangkokan kulit wajah bukan hal mustahil untuk dilakukan, lho.

Dokter bakal mengambil sepotong kecil jaringan kulit normal untuk mengisi kekosongan atau bopeng di wajah. Kulit yang diambil biasanya berasal dari belakang telinga Anda.

Selain membantu menghilangkan bopeng bekas jerawat, metode ini bisa digunakan sebagai perawatan lanjutan setelah dermabrasi kalau teknik tersebut meninggalkan efek lubang pada kulit wajah.

Ilustrasi perawatan wajah. (Shutterstock)

7. Krim untuk bopeng bekas jerawat

Menghilangkan bopeng bekas jerawat dengan perawatan mahal mungkin terlalu berat untuk kantong Anda. Pada akhirnya, Anda lebih memilih untuk menggunakan krim yang dijual bebas atau dari dokter dengan harga lebih terjangkau.

Kabar baiknya, krim yang dijual di apotek memang bisa Anda andalkan untuk menyamarkan bopeng bekas jerawat. Namun, penggunaannya harus berbulan-bulan bahkan bertahun-tahun supaya hasilnya lebih maksimal.

Sebaiknya, pilihlah krim yang berkhasiat menenangkan iritasi kulit dan mempercepat regenerasi kulit, utamanya yang mengandung Centella Asiatica.

Centella Asiatica adalah sejenis tanaman herbal yang telah lama digunakan sebagai obat berbagai masalah kulit. Tanaman ini mengandung beberapa senyawa aktif, seperti asiaticoside, madecassoside, asiatic, dan madecassic acid, yang membantu meredakan iritasi dan memperbaiki lapisan epidermis kulit yang rusak.

Baca Juga: Bicara soal Perawatan Kulit, Dua Lipa Juga Beberkan Maskara Andalannya

Bahan aktif tersebut juga membantu melembapkan kulit. Alhasil, kulit Anda bakal menjadi lebih kenyal, halus, dan tentunya sehat.

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI