Beauty

Mau Kulit Sehat Selama Puasa? Simak 4 Tips Mudah Berikut

Puasa dapat menyebabkan kulit kering dan kusam karena dehidrasi.

Rima Sekarani Imamun Nissa | Amertiya Saraswati

Ilustrasi kulit mulus. (Pexels)
Ilustrasi kulit mulus. (Pexels)

Dewiku.com - Melalui bulan Ramadan sembari terkurung di rumah bukanlah alasan untuk tidak merawat kulit. Meski kamu tidak beraktivitas di luar, perawatan diperlukan biar kulit tetap sehat.

Selama bulan puasa, kulit akan cenderung lebih kering karena berkurangnya asupan minum. Selain itu, perubahan jam tidur juga bisa membuat kulitmu mengalami masalah.

Akibatnya, kulitmu bisa saja menjadi kusam dan kering jika tidak dirawat dengan benar selama bulan puasa nanti.

Nah, biar kulit tetap segar dan sehat sepanjang puasa hingga hari lebaran tiba, kali ini Dewiku.com telah merangkum tips perawatan kulit selama puasa dari laman Gulfnews.

Berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan agar kesehatan kulit tetap terjaga selama bulan puasa dan karantina di rumah aja.

Mau Kulit Sehat Selama Puasa? Simak 4 Tips Mudah Berikut - 1

1. Gunakan masker wajah secara reguler

Masker wajah bisa digunakan untuk mengatasi kulit kering dan membuatnya lebih segar saat bangun tidur. Cobalah untuk memakai masker wajah sebelum tidur selama beberapa hari dalam seminggu.

Gunakan masker setelah kamu membersihkan muka. Sebisa mungkin, pilih masker dengan kandungan bahan hyaluronic acid atau aloe vera untuk kulit segar.

2. Usahakan kebutuhan vitamin tercukupi

Pola makan dan minum bakal berubah selama puasa. Maka, usahakan kamu sudah memenuhi asupan vitamin dan nutrisi yang dibutuhkan saat sahur dan berbuka.

Sebagai tambahan, kamu juga dapat menggunakan spray khusus wajah yang mengandung vitamin agar kulit tidak dehidrasi.

Ilustrasi air kelapa. [Shutterstock]
Ilustrasi air kelapa. [Shutterstock]

3. Selain air, penuhi juga asupan elektrolit dan mineral

Minum banyak air ketika sahur dan buka memang baik bagi kesehatan kulit. Namun, selama puasa, kamu juga dapat mengonsumsi elektrolit atau mineral yang baik bagi kulit.

Caranya, cobalah untuk meminum air kelapa atau aloe vera di kala berbuka. Selain itu, akan lebih baik jika kamu meminumnya tanpa tambahan gula.

4. Kurangi asupan gula

Berbuka puasa dengan makanan dan minuman manis memang terasa menyenangkan. Namun, hal ini juga bisa berdampak buruk bagi kulitmu.

Guna mencegah jerawat, kurangilah asupan gula selama berpuasa. Sebagai gantinya, kamu bisa memakan buah-buahan yang juga mengandung banyak serat dan nutrisi untuk kulit.

Berita Terkait

Berita Terkini