Beauty

Benarkah Orang Berkulit Gelap Tak Butuh Tabir Surya? Ini Faktanya

Benarkah kita yang berkulit gelap tidak perlu pakai tabir surya?

Rima Sekarani Imamun Nissa

Perawatan wajah menggunakan pelembab. (Shutterstock)
Perawatan wajah menggunakan pelembab. (Shutterstock)

Dewiku.com - Pemakaian sunscreen atau tabir surya sangat penting untuk melindungi kulit dari efek buruk paparan sinar matahari. Namun, beberapa orang kadang masih lupa atau malah sengaja mengabaikannya.

Sebagian orang berkulit gelap biasanya merasa aman untuk cenderung melewatkan pemakaian tabir surya. Menurut mereka, kulit gelap tak mudah terbakar matahari.

Melansir Boldsky, warna kulit ditentukan melanin, pigmen alami di tubuh kita. Kalau kamu punya kulit yang lebih gelap, artinya kamu memilih lebih banyak melanin tersebut.

Selain memengaruhi warna kulit, melanin juga punya sifat melindungi kulit. Pigmen sendiri merupakan agen penyerap UV sehingga melindungi kulit dari sinar matahari UVA dan UVB.

Ilustrasi perawatan wajah. (Shutterstock)
Ilustrasi perawatan wajah. (Shutterstock)

Karena kulit gelap punya lebih banyak melanin, perlindungan terhadap kerusakan akibat sinar matahari otomatis lebih besar dariapda mereka yang kulitnya lebih cerah.

SPF alami kulit gelap adalah 13. Itu jauh lebih baik dibandingkan SPF alami kulit lebih terang yang cuma 3.

Kondisi itu memungkinkan 24% UVB dan 55% UVA menembus kulit putih, sedangkan pada kulit gelap hanya sekitar 7,4% UVB dan 17,5% UVA.

Namun, apakah itu artinya SPF alami yang dimiliki kulit gelap sudah cukup melindungi? Jawabannya, tidak.

Perempuan menggunakan sunscreen. (Shutterstock)
Perempuan menggunakan sunscreen. (Shutterstock)

Para ahli menyarankan penggunaan tabir surya dengan SPF minimal 30. Kini, bahkan sudah sangat banyak produk dengan SPF 50.

Tabir surya dengan SPF 15 saja sekarang dianggap tak cukup baik. Jadi, kulit gelap yang hanya punya SPF 13 pada dasarnya tetap membutuhkan tambahan perlindungan produk tabir surya.

Dampak buruk paparan sinar matahari secara langsung bukan cuma sunburn atau memicu penuaan dini, melainkan bisa juga menyebabkan kanker kulit. Oleh karena itu, apapun warna kulitmu, lindungilah secara optimal. Gunakan tabir surya sesuai kebutuhan masing-masing.

Berita Terkait

Berita Terkini