Bantu Cegah Penuaan Dini, 5 Manfaat Minyak Bunga Matahari

Berikut beberapa manfaat minyak bunga matahari bagi kecantikan kulit.

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Jumat, 05 Juni 2020 icon 10:30 WIB
Bantu Cegah Penuaan Dini, 5 Manfaat Minyak Bunga Matahari

Minyak bunga matahari. (Shutterstock)

Perawatan kulit dengan bahan alami semakin banyak digemari. Nah, tahukah kamu jika minyak bunga matahari juga bermanfaat untuk kecantikan?

Selama ini, beberapa orang mungkin sudah menggunakan minyak bunga matahari untuk memasak karena mengetahui manfaatnya bagi kesehatan. Minyak ini mempunyai banyak vitamin dan mineral penting.

Selain itu, minyak bunga matahari ternyata juga bagus untuk menutrisi kulit. Merangkum Boldsky, inilah beberapa manfaat minyak bunga matahari untuk perawatan kulit.

Baca Juga: Cuma Buat Tidur, Pria Ini Punya Rutinitas Skincare Super Ribet

1. Melembapkan kulit

Salah satu alasan minyak bunga matahari digunakan dalam formulasi kosmetik adalah kemampuannya menjaga kulit tetap lembap.

Studi menunjukkan minyak bunga matahari mampu meningkatkan hidrasi kulit. Selain asam linoeat, terdapat pula kandungan vitamin E yang mudah meresap ke dalam kulit dan membantu melembapkan.

Baca Juga: Ada di Dapur Rumahmu! Inilah 8 Bahan Alami Perawatan Kulit Glowing

Petugas PPSU (Penanganan Pra Sarana Umum) melakukan perawatan bunga matahari di daerah Ujung Menteng, Jakarta Timur, Sabtu (19/1).[Suara.com/Fakhri Hermansyah]
Petugas PPSU (Penanganan Pra Sarana Umum) melakukan perawatan bunga matahari di daerah Ujung Menteng, Jakarta Timur, Sabtu (19/1).[Suara.com/Fakhri Hermansyah]

2. Melawan jerawat

Minyak bunga matahari termasuk bahan alami non-komedogenik yang menyehatkan kulit tanpa menyumbat pori-pori. Jadi, tidak perlu khawatir soal jerawat.

Sebaliknya, banyaknya kandungan vitamin E sebagai salah satu antioksidan terkuat membantu melindungi kulit dari radikal bebas untuk mencegah timbulnya jerawat. Minyak bunga matahari pun bersifat anti-inflamasi dan antibakteri.

3. Mencegah penuaan kulit

Sifat antioksidan dari minyak bunga matahari juga disebut membantu mencegah tanda-tanda penuaan kulit, seperti garis-garis halus, kerutan, dan kulit kendur. Tingginya kandungan vitamin E pun meningkatkan produksi kolagen yang membuat kulit tampak lebih halus dan awet muda.

Minyak bunga matahari. (Pixabay/Bruno /Germany)
Minyak bunga matahari. (Pixabay/Bruno /Germany)

4. Melindungi kulit dari paparan sinar matahari

Vitamin A dan C yang terkandung dalam minyak bunga matahari mampu melindungi kulit dari kerusakan karena dampak buruk paparan sinar matahari. Kandungan asam lemak dan asam linoleat juga bermanfaat mengurangi hiperpigmentasi.

5. Menjaga kesehatan kulit

Baca Juga: Terlalu Awet Muda, Ibu 30 Tahun Ini Bagikan Tips Perawatan Kulitnya

Minyak bunga matahari kaya akan vitamin, mineral dan asam lemak yang penting untuk menjaga kesehatan serta kecantikan kulit. Vitamin A, C, D dan E serta mineral seperti tembaga, seng, dan zat besi sangat membantu untuk meningkatkan elastisitas kulit dan melindungi kulit dari efek buruk sinar matahari.

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI