Lawan Masalah Jerawat, Begini Cara Mudah Gunakan Minyak Bunga Matahari

Terlalu sederhana, kamu bahkan bisa cuma memakai satu bahan untuk membuat masker dari minyak bunga matahari.

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Jumat, 05 Juni 2020 icon 14:00 WIB
Lawan Masalah Jerawat, Begini Cara Mudah Gunakan Minyak Bunga Matahari

Minyak bunga matahari. (Pixabay/Bruno /Germany)

Perawatan kulit dengan bahan alami ternyata juga dapat dilakukan pakai minyak bunga matahari. Tak hanya baik untuk kesehatan tubuh, kandungan vitamin dan mineralnya pun bermanfaat dalam merawat kecantikan kulit.

Melansir Boldsky, ada beberapa manfaat minyak bunga matahari untuk perawatan kulit. Secara umum, tingginya kandungan vitamin, mineral dan asam lemak pada bahan alami ini disebut penting untuk menjaga kesehatan dan kecantikan kulit.

Vitamin A, C, D dan E serta mineral seperti tembaga, seng, dan zat besi efektif membantu dalam meningkatkan elastisitas kulit dan melindungi kulit dari efek buruk sinar matahari, termasuk mengurangi hiperpigmentasi.

Baca Juga: Siap-Siap! 5 Tren Makeup Ini Bakal Hits Pasca Karantina Covid-19

Minyak bunga matahari juga bermanfaat melembapkan kulit serta mencegah timbulnya jerawat.

Minyak bunga matahari. (Shutterstock)
Minyak bunga matahari. (Shutterstock)

Sifat antioksidan dari minyak bunga matahari juga membantu mencegah tanda-tanda penuaan kulit, seperti garis-garis halus, kerutan, dan kulit kendur. Tingginya kandungan vitamin E pun diketahui meningkatkan produksi kolagen yang membuat kulit tampak lebih halus dan awet muda.

Lalu, bagaimana cara memanfaatkan minyak bunga matahari sebagai bahan perawatan kecantikan kulit?

Baca Juga: Jangan Sembarangan! Berikut Cara Memilih Tabir Surya Sesuai Jenis Kulit

Rupanya, metode yang digunakan sangat jauh dari kata ribet. Masih dirangkum dari Boldsky, cara yang bisa diterapkan sangat sederhana.

Ilustrasi perawatan wajah. (Shutterstock)
Ilustrasi perawatan wajah. (Shutterstock)

Pertama, ambil sedikit minyak bunga matahari di telapak tanganmu. Gosok ringan kedua telapak tangan biar menjadi agak hangat. Setelah itu, oleskan minyak ke kulit dan pijat pelan agar mudah diserap.

Kalau ingin lebih efektif, kamu dapat menambahkan beberapa tetes minyak esensial. Gunakan minyak tea tree untuk mengatasi masalah jerawat, minyak esensial lavender untuk peradangan dan iritasi, atau minyak esensial lemon untuk permukaan kulit yang tidak rata.

Baca Juga: Stres Berlebih Picu Berbagai Masalah Kulit Wajah, Ini Cara Mengatasinya

Kamu juga dapat membeli produk kosmetik yang mengandung minyak bunga matahari dan gunakan sesuai aturan pemakaian. Simpel, kan?

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI