Manfaat Centella Asiatica, Sering Jadi Bahan Andalan Skincare Korea

Centella asiatica atau daun pegagan memiliki banyak manfaat positif untuk kecantikan kulit.

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Senin, 22 Juni 2020 icon 21:00 WIB
Manfaat Centella Asiatica, Sering Jadi Bahan Andalan Skincare Korea

Centella Asiatica. (Pixabay/Maya A. P)

Aneka macam produk skincare Korea kini semakin gampang ditemukan dan digemari banyak orang. Kalau diperhatikan baik-baik, kebanyakan produk skincare Korea saat ini mengandung bahan centella asiatica.

Centella asiatica atau yang kerap disebut cica kini tengah menjadi tren dalam industri perawatan kecantikan. Bukan tanpa alasan, bahan ini rupanya punya manfaat baik bagi kulit.

Centella asiatica sendiri adalah nama ilmiah dari tanaman Indian Pennywort atau dikenal dengan daun pegagan di Indonesia.

Baca Juga: Sudah Terbiasa Pakai Botox, Bintang Reality Show Kaget Lihat Efeknya Hilang

Tanaman ini juga dikenal dengan nama tiger grass karena harimau kerap menggunakan tanaman ini untuk menyembuhkan kulit mereka yang terluka.

Melansir dari Allure, centella asiatica sebenarnya bukan bahan baru. Sejak berabad-abad silam, tanaman ini sudah dipakai untuk menyembuhkan luka.

Perawatan wajah. (Shutterstock)
Perawatan wajah. (Shutterstock)

"Cica (centella asiatica) dipercaya bisa menenangkan dan memperbaiki kulit yang teriritasi," ungkap dermatologis Ellen Marmur.

Baca Juga: Bikin Iri! Ahli Kecantikan Ini Ajak Anaknya Lakukan Facial Sejak Dini

Bahan ini cocok digunakan untuk jenis kulit apa pun, terutama kulit sensitif. Selain itu, centtela asiatica dapat membantu mengatasi jerawat.

Centella asiatica juga mengandung asam amino, beta karoten, asam lemak, phytochemical, dan vitamin C, A, B1, serta B2. Kandungan ini bisa membantu menstimulasi produksi kolagen serta mengatasi pembengkakan pada kulit.

"Jadi, kalau kau mencari cara untuk mengencangkan, memperbaiki, atau melembutkan kulit, bahan ini bisa berguna," imbuh CEO Peach & Lily, Alicia Yoon.

Ilustrasi skincare. (Shutterstock)
Ilustrasi skincare. (Shutterstock)

Manfaat centella asiatica tak berhenti sampai di sana. Bahan ini juga dipercaya bisa mengurangi kerutan dan tanda-tanda penuaan.

Terakhir, centella asiatica juga baik digunakan untuk melindungi kulit dari kerusakan akibat polusi. Centella asiatica bakal membuat kulit tampak lebih terhidrasi.

"Cica meningkatkan sirkulasi dan aliran darah ke kulit, mengurangi penguapan air, dan membantu pembentukan sel."

Demi mendapatkan manfaat centella asiatica ini, Anda bisa mencari produk skincare dalam bentuk serum, masker, atau pelembap.

Baca Juga: Tips Cepat Memotong Rambut, Ukuran Guntingnya Bikin Salah Fokus

Sebisa mungkin, carilah produk yang tidak perlu dicuci setelahnya sehingga manfaat centella asiatica ini bisa didapatkan secara optimal.

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI