Beauty

Jangan Lupa Pakai Tabir Surya walau di Rumah Aja, Ini Manfaatnya!

Tabir surya tetap perlu dipakai meski kamu masih bekerja dari rumah.

Rima Sekarani Imamun Nissa | Amertiya Saraswati

Melindungi kulit dengan tabir surya. (Shutterstock)
Melindungi kulit dengan tabir surya. (Shutterstock)

Dewiku.com - Meski era new normal telah tiba, tidak sedikit dari kita yang masih melakukan WFH atau isolasi mandiri di rumah aja.

Terlepas dari aktivitas sehari-hari, ada baiknya kalau kamu selalu ingat untuk menggunakan tabir surya. Bahkan, tabir surya ternyata baik digunakan walau kamu banyak menghabiskan waktu di rumah.

"Penggunaan tabir surya setiap hari bisa membantu mencegah kanker kulit dan penuaan dini," ungkap dermatologis Dr. Anjali Mahto seperti dilansir dari Pop Sugar.

Bahkan ketika kamu bekerja di dalam ruangan atau di rumah, tabir surya tetap harus dipakai. Hal ini karena sinar UVA tetap bisa menembus jendela.

"Anda masih berisiko mengalami kerusakan kulit karena sinar UV. Walau Anda tak terbakar saat duduk dekat jendela, eksposur pada sinar UV bisa menimbulkan penuaan dini," tambah dermatologis dr. Susan Mayou.

Ilustrasi krim pencegah kanker kulit, tabir surya. (Shutterstock)
Ilustrasi krim pencegah kanker kulit, tabir surya. (Shutterstock)

Selain sinar matahari, tabir surya ternyata juga bisa melindungi kulit dari sinar biru yang dipancarkan perangkat digital seperti ponsel dan komputer.

Menurut pakar, sinar biru punya gelombang yang pendek namun energi yang tinggi. Ini dapat berbahaya bagi kondisi kulitmu.

"Sinar biru diasosiasikan dengan peningkatan hyper-pigmentation atau melanogenesis di kulit, bercak cokelat bisa muncul karena sinar biru."

Untuk alasan itulah, ada baiknya kalau kamu tetap menggunakan tabir surya dan memilih produk yang bisa melindungi baik dari sinar matahari maupun sinar biru.

Tabir surya yang baik sendiri haruslah mengandung SPF minimal 30. Selain itu, kamu tidak cukup menggunakan tabir surya hanya sekali.

Kalau area kerjamu di rumah terkena sinar matahari, paling tidak kamu mesti memakai tabir surya setiap dua jam sekali.

Hal ini karena keefektifan tabir surya bisa berkurang ketika kamu berkeringat karena terpapar sinar matahari lewat jendela.

Selain itu, pilih juga tabir surya yang mempunyai label "noncomedogenic" atau tabir surya yang tak menyumbat pori-pori kulitmu walau dipakai setiap hari.

Dengan demikian, selain terlindung dari sinar UV dan sinar biru, kulitmu juga bakal terhindar dari jerawat dan iritasi.

Berita Terkait

Berita Terkini