Beauty

Jangan Dipakai Lagi! Berikut Waktu Terbaik untuk Membuang Produk Makeup

Meski tanggal batas kedaluwarsa masih lama, produk makeup bisa jadi sudah tak layak pakai.

Rima Sekarani Imamun Nissa

Blush On. (Unsplash/Rawpixel)
Blush On. (Unsplash/Rawpixel)

Dewiku.com - Masa pemakaian makeup rupanya kerap tidak selaras dengan tanggal batas kedaluwarsa yang tercantum dalam kemasannya. Ada jangka waktu tertentu yang mungkin belum banyak diketahui orang-orang.

Melansir Yukepo.com, batas kedaluwarsa beberapa makeup dipengaruhi kapan pertama kali kemasannya dibuka. Dalam setiap kemasan, biasanya terdapat tanda PAO (Periode After Opening). Jangan sampai wajah malah jadi bermasalah karena tak memperhatikan hal ini.

Lipstik (1 tahun)

Setahun setelah kemasannya dibuka, lipstik sebaiknya tak usah digunakan lagi. Risikonya lebih besar untuk lipstik berbentuk krim atau cair.

Ilustrasi menggunakan lipstik merah. (Shutterstock)
Ilustrasi menggunakan lipstik merah. (Shutterstock)

Kosmetik yang mengandung banyak air lebih gampang terpapar bakteri yang bisa memicu masalah. Jadi, lebih baik diganti satu tahun sekali. Terlebih kalau ada perubahan bau dan tekstur, makeup kedaluwarsa jelas harus dibuang.

Foundation (6-12 bulan)

Alas bedak mempunyai jangka waktu yang cukup lama sebelum masa kedaluwarsa tiba. Meski berbentuk cair, cara menggunakannya adalah dituang di tangan atau beauty blender sehingga potensi tercemar bakteri lebih rendah.

Hanya saja, tetap lebih baik jika diganti setiap maksimal 12 bulan. Jangan simpan di tempat lembab untuk menghindari perubahan warna dan bau. Simpan di tempat aman yang tidak terlalu panas dan jauhkan dari paparan sinar matahari langsung.

Concealer (1-2 tahun)

Concelar berbentuk stik bisa digunakan selama dua tahun, sedangkan concealer cair hanya setahun. Kalau kamu jarang menggunakan concealer mungkin sebaiknya memilih yang bentuknya stik saja.

Maskara (3 bulan)

Maskara mengandung kadar air yang cukup tinggi sehingga membikin bakteri bisa berkembang cepat. Selain itu, bulu sikat maskara saat sudah dikeluarkan dari wadahnya sangat rentan tercemar debu dan kotoran.

Oleh karenanya, jangan dipakai jika sudah lebih dari 3 bulan. Sebab, bakteri yang terkumpul bisa saja akan membuat mata iritasi.

Eyeliner dan lipliner (18 bulan)

Kalau bentuknya cair, jangka waktu penggunaannya hanya 18 bulan. Namun jika berupa pensil, eyeliner maupun lipliner akan lebih awet. Selama ujung pensil tak menggumpal, alat makeup ini tetap bisa digunakan.  

Ilustrasi perempuan memakai eyeliner (Shutterstock)
Ilustrasi perempuan memakai eyeliner (Shutterstock)

Blush and powder (1-2 tahun)

Tipe kosmetik ini lebih awet dibanding yang lain. Kamu dapat menyimpannya hingga dua tahun jika tak ada perubahan tekstur dan warna. Biar semakin awet, simpan di tempat kering dan hindari ruangan lembap seperti kamar mandi.

Parfum (3 tahun)

Aroma parfum ternyata akan berubah jika sudah disimpan lebih dari tiga tahun setelah dibuka. Walau tak mengiritasi kulit, sebaiknya ganti parfum baru saja.

Berita Terkait

Berita Terkini