Beauty

Ternyata Simpel Banget, 5 Tips Atasi Masalah Kulit Tangan Kering

Ada beberapa tips yang bisa dicoba untuk mengatasi kulit tangan kering.

Rima Sekarani Imamun Nissa

Ilustrasi tangan wanita. (Unsplash/David Fanuel)
Ilustrasi tangan wanita. (Unsplash/David Fanuel)

Dewiku.com - Sering mencuci tangan di masa pandemi memang kebiasaan yang baik. Sayangnya, kebiasaan tersebut juga bisa menimbulkan masalah baru, yakni membikin kulit tangan kering.

Bagaimana cara mengatasi kulit tangan kering? Selain memakai pelembap, ada beberapa cara lain yang dapat membantu. Melansir Bright Side, inilah lima cara yang dapat Anda lakukan.

Rendam tangan di dalam campuran minyak biji bunga matahari dan gandum

Minyak biji bunga matahari telah terbukti melembabkan dan meremajakan kulit kering dan lecet. Di sisi lain, gandum atau oat punya kemampuan yang sangat mirip dengan minyak biji bunga matahari sehingga kombinasi keduanya bisa memberikan keajaiban bagi kulit Anda.

Hal yang perlu dilakukan adalah mencampurkan gandum matang atau mentah dengan beberapa tetes minyak biji bunga matahari, lalu mengoleskannya ke kulit tangan. Jika Anda tidak dapat menemukan minyak khusus ini, berhati-hatilah untuk tidak menggunakan sembarang minyak.

Madu dan lemon. (Pixabay/ExplorerBob)
Madu dan lemon. (Pixabay/ExplorerBob)

Oleskan madu murni

Madu manuka diketahui mempunyai sifat antibakteri dan antioksidan. Selain dikonsumsi dengan cara tradisional, bisa juga dioleskan pada kulit yang kering dan pecah-pecah.

Pertama, bersihkan dan disinfeksi area kulit tangan yang kering. Setelah itu, oleskan madu untuk merangsang sistem kekebalan untuk mulai membangun kembali jaringan yang rusak.

Oleskan petroleum jelly dan kenakan sarung tangan semalaman

Produk berbasis petroleum jelly merupakan penyelamat mutlak dalam hal merawat dan menghidrasi kulit. Hal yang dapat Anda lakukan adalah mengoleskannya dalam jumlah banyak pada kulit tangan kering di malam hari dan mengenakan sepasang sarung tangan katun.

Dengan cara ini, Anda akan memastikan bahwa produk yang dioleskan tetap berada di tangan Anda dan tidak terserap oleh selimut. Sarung tangan tidak memiliki sifat penyembuhan, tapi digunakan untuk menjaga agar produk berbasis petroleum jelly tersebut tidak terhapus.

Buat masker tangan alpukat

Alpukat mampu melembap kulit dan mengandung banyak vitamin. Mencampur setengah alpukat matang dengan 1 sendok teh minyak kelapa, 1 sendok teh minyak jojoba, dan setengah sendok teh jus lemon bisa membantu mengatasi kulit tangan kering. Anda dapat memperkuat efeknya dengan mencampurkan lebih banyak oat.

Oleskan masker di tangan Anda selama 10-15 menit dan tutupi dengan beberapa lapisan foil untuk penyerapan yang lebih optimal. Setelah itu, bersihkan masker dengan air hangat, lalu oleskan losion.

Konsumsi makanan yang mengandung vitamin B3

Konsumsi makanan yang kaya vitamin B3 atau menggunakan produk perawatan kulit yang mengandung niacinamide. Vitamin ini akan meningkatkan hidrasi kulit Anda. Anda akan melihat bahwa kulit menjadi lebih halus dan kencang. Dokter kulit menyebut vitamin B3 membantu memperkuat penghalang kulit dan menjaga kelembapannya lebih lama.

Jika tangan Anda sangat kering, mungkin perlu mencoba penggunaan krim topikal, dan lihat hasilnya dalam beberapa minggu. (*Aflaha Rizal Bahtiar)

Berita Terkait

Berita Terkini