Operasi Plastik Sering Dianggap Haram, Komentar Tompi Bijaksana Banget

Tompi menyampaikan tanggapannya dengan analogi yang mudah dipahami.

By: Nur Khotimah icon Minggu, 04 Juli 2021 icon 15:00 WIB
Operasi Plastik Sering Dianggap Haram, Komentar Tompi Bijaksana Banget

Tompi. (Suara.com/Revi C Rantung)

Tidak dipungkiri bahwa prosedur operasi plastik masih sering mendapat stigma negatif dari masyarakat. Salah satunya adalah anggapan bahwa operasi plastik haram dilakukan karena mengubah ciptaan Tuhan.

Sebagai dokter bedah plastik, Tompi pun sempat disinggung tentang hal tersebut saat menjadi bintang tamu di kanal YouTube Vincent Rompies dan Desta belum lama ini.

"Banyak orang yang bilang operasi plastik itu kan haram. Merubah bentuk yang sudah dikasih sama Pencipta. Nah, itu gimana?" tanya Desta dalam video YouTube yang tayang pada Senin (28/6/2021).

Baca Juga: Terobsesi Wajah Ala Filter Instagram, Pria Ini Rela Habiskan Rp2,6 Miliar

Sebagai seorang dokter bedah plastik yang memeluk agama Islam, Tompi ternyata memiliki pandangan sendiri perihal prosedur yang satu ini. Ia menyampaikan pendapat tersebut secara filosofis.

"Gampang banget jawabnya. Sekarang gue kasih analogi. Maksud gue gini, kebetulan gue Islam, lu Islam kan. Di Islam, hukum itu pasti kalau A ya A. Sekarang gue kasih analogi berpikirnya deh," jelas Tompi.

"Lu punya anak boneng, giginya maju nih. Nyanyi bisa nggak? Orang boneng bisa nyanyi nggak? Bisa dong. Makan bisa nggak? Artinya gangguan fungsi nggak ada kan. Lu bawa ke dokter gigi, pasang behel nggak?" lanjutnya. "Pasang," timpal Desta dan Vincent.

Baca Juga: Nyaris Meninggal, Wanita Ini Menyesal Sudah Oplas Mirip Kim Kardashian

Ilustrasi (shutterstock)
Ilustrasi operasi plastik. (shutterstock)

Desta berpendapat bahwa memasang behel berfungsi untuk membantu memperbaiki penampilan anak yang giginya maju tadi.

Analogi yang sama kemudian dipakai Tompi untuk menjelaskan tentang mengubah hidung atau bagian tubuh lain melalui operasi plastik.

"Untuk memperbaiki, kan? Dengan dia memperbaiki, fungsi hidupnya jadi lebih baik nggak? Tatanan sosialnya jadi lebih baik nggak? Dia jadi nggak dibully dan lain-lain. Iya nggak, sih?" tutur Tompi lagi.

"Nah, lu mundurin tuh gigi jadi lebih cakep, jadi lebih pede dan lain-lain. Nah, apa bedanya lu mundurin gigi sama lu majuin hidung? Filosofinya ya," lanjut pria kelahiran Aceh tersebut.

Baca Juga: Bikin Wajah Terlihat Kurus, Oplas Bikin 'Telinga Peri' Jadi Viral di China

Pada kesempatan yang sama, Tompi menjelaskan bahwa dirinya selama ini sering pilih-pilih pasien bedah plastik. Ia tak ragu menolak pasien yang ingin mengubah penampilannya secara berlebihan.

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI