Beauty

Tips Awet Muda, Berikut 5 Makanan yang Meningkatkan Produksi Kolagen

Ada beberapa makanan yang jika dikonsumsi bisa bermanfaat membantu meningkatkan produksi kolagen dalam tubuh.

Rima Sekarani Imamun Nissa

Tomat. (Unsplash/Rawpixel)
Tomat. (Unsplash/Rawpixel)

Dewiku.com - Diet seimbang yang mencakup makanan segar dan sehat benar-benar banyak manfaatnya. Bukan cuma menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan, tapi juga kecantikan kulit.

Salah satu kunci menjaga penampilan awet muda adalah seberapa banyak produksi kolagen dalan tubuh. Kolagen sendiri merupakan protein yang membantu memberikan struktur pada kulit, memberikan elastisitas dan membantu menunda proses penuaan.

Kolagen menjadi protein yang bisa membantumu tampak lebih awet muda dan segar, menghilangkan kulit pucat, dan mengurangi kecenderungan memiliki kerutan.

Ada banyak suplemen kolagen yang tersedia yang membantu meningkatkan kolagen kulit. Namun, bisa juga dilakukan dengan mengonsumsi makanan sehat. Melansir Pinkvilla, berikut lima makanan yang direkomendasi.

Bawang putih. (Unsplash/Gaelle Marcell)
Bawang putih. (Unsplash/Gaelle Marcell)

Bawang putih

Bawang putih punya rasa yang kuat dan biasa jadi bumbu utama aneka masakan. Kamu dapat menambahkan beberapa bawang putih ke dalam kari dan hidangan gurih lainnya. Bawang putih dipercaya membantu produksi kolagen.

Ayam

Daging ayam mengandung jaringan ikat yang menjadikannya sumber utama kolagen. Leher ayam dan tulang rawan kaya kolagen untuk kulit dan persendian. Daging ayam juga baik untuk mengobati radang sendi.

Tomat

Tomat merupakan sumber makanan kaya vitamin C yang sangat penting untuk produksi kolagen. Bahkan, penggunaan tomat dalam hidangan dapat berkontribusi hingga 30 persen dari produksi kolagen. Konsumsi tomat juga bisa meningkatkan antioksidan kuat yang bermanfaat bagi kecantikan kulit.

Memecahkan telur. (Pixabay/Emir Krasni)
Memecahkan telur. (Pixabay/Emir Krasni)

Putih telur

Putih telur mengandung jaringan ikat yang tinggi kandungan prolin yang merupakan zat penting untuk produksi kolagen. Putih telur bisa disantap sebagai sarapan setiap hari.

Buah sitrus

Kolagen butuh banyak vitamin C dan buah jeruk kaya akan vitamin C. Kamu bisa makan jeruk untuk mendapat manfaatnya. Selain itu, buah sitrus seperti jeruk, jeruk bali, dan lemon sangat penting dan dapat ditambahkan sebagai elemen salad. (*Dian Kusumo Hapsari)

Berita Terkait

Berita Terkini