Triple Cleansing Bantu Jaga Kecantikan Kulit Wajah, Begini Tahapannya

Apa itu triple cleansing? Bagaimana cara melakukannya agar kulit wajah lebih sehat?

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Senin, 23 Agustus 2021 icon 21:00 WIB
Triple Cleansing Bantu Jaga Kecantikan Kulit Wajah, Begini Tahapannya

Ilustrasi membersihkan wajah. (Unsplash/Septian Simon)

Membersihkan wajah adalah salah satu tahapan terpenting dalam merawat dan menjaga kebersihan kulit wajah. Walau di masa pandemi Covid-19 bagian wajah lebih banyak tertutup masker, bukan berarti wajah tidak kotor dan tidak perlu dibersihkan, kan?

Menggunakan masker sepanjang hari bisa membuat kulit wajah lebih lembap dan juga mudah kotor karena keringat. Mungkin sederhana, tapi banyak yang masih belum membersihkan wajah dengan tuntas.

Membersihkan wajah dengan tuntas berarti mengangkat semua makeup dan kotoran yang menempel sepanjang hari. Mencuci wajah saja dianggap tidak cukup, untuk itu ada yang namanya teknik double cleansing hingga triple cleansing.

Baca Juga: Jangan Malas! Ini Pentingnya Cuci Muka di Pagi Hari

Dalam siaran pers Derma Express, tahap pertama triple cleansing adalah dengan menggunakan pembersih wajah dengan produk berbahan dasar seperti milk cleanser.

Ilustrasi perempuan membersihkan makeup. (Shutterstock)
Ilustrasi perempuan membersihkan makeup. (Shutterstock)

Hal ini bertujuan menghindari adanya penyumbatan pada pori-pori wajah di lapisan pertama kulit akibat makeup yang dipakai sehari-hari.

Misalnya Milky Way Soothing Cleanser yang merupakan susu pembersih wajah bertekstur creamy, ringan dan lembut yang bermanfaat membersihkan wajah dari makeup dan debu atau polusi dengan kandungan minyak biji bunga matahari, pegagan dan senyawa kimia allantoin yang ramah bagi kulit sensitif.

Baca Juga: Senka Perfect Gel Gentle Wash, Hadirkan Segarnya Aroma Citrus Anti Bad Mood

Langkah kedua, bersihkan wajah dengan sabun cuci muka. Pilih sabun cuci muka yang aman untuk semua jenis kulit seperti Facial Wash Skin Refine Facial Cleanser yang tidak mengandung SLS atau deterjen natrium lauril eter sulfat.

Langkah ketiga adalah menerapkan toner yang bisa membuat kulit cerah dan glowing. Pilih toner yang punya fungsi mengangkat sel kulit mati dan menyeimbangkan kadar pH balance setelah proses cleansing.

Ilustrasi pelembap. (Pixabay/AdoreBeautyNZ)
Ilustrasi pelembap. (Pixabay/AdoreBeautyNZ)

Jika sudah menerapkan triple cleansing, terus jaga kelembapan kulit dengan moisturizer. Untuk jenis kulit berminyak, pilih pelembap yang tidak over-moisturize agar tidak menyumbat pori pori seperti Sunflower Emulsion Cream.

Kandungan biji bunga matahari dan ceramide yang bersifat non-comedogenic atau mampu melembapkan tanpa menyumbat pori, punya fungsi mengunci kelembapan, dan memiliki sifat antiinflamasi membantu mengurangi iritasi.

Baca Juga: Duh! Gagal Cantik, Wajah Wanita Ini Malah Berubah Mirip Shrek akibat Masker

Terakhir dan tak kalah penting, jangan lupa pakai tabir surya, ya! (*Risna Halidi)

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI