Beauty

Populer di Kalangan Selebritas, Manfaat Bekam untuk Perawatan Kecantikan

Bukan hanya baik bagi kesehatan, ini manfaat bekam untuk perawatan kecantikan.

Rima Sekarani Imamun Nissa

Ilustrasi perempuan. (Unsplash/Jessica Flavia)
Ilustrasi perempuan. (Unsplash/Jessica Flavia)

Dewiku.com - Dalam Harvard Health Publishing dijelaskan bahwa teknik bekam dilakukan dengan menarik cairan dari dalam kulit. Hal itu menyebabkan perubahan warna kulit akibat rusaknya pembuluh darah di bawah permukaan kulit. Ini menimbulkan memar, tapi menyebabkan sirkulasi darah meningkat di area tersebut sehingga akan memberi nutrisi pada sel-sel kulit.

Selain di China, teknik ini secara tradisional juga lazim dilakukan di Mesir dan Timur Tengah. Belakangan, banyak selebriti yang menggunakannya sebagai salah satu teknik perawatan kulit, mulai dari Jacqueline Fernandez hingga Kim Kadarshian.

Dilansir dari Healthshots, berikut beberapa manfaat bekam untuk kulit yang membuat para selebriti ramai-ramai mencobanya.

Ilustrasi wajah berjerawat. (Pixabay/Joseph Mucira)
Ilustrasi wajah berjerawat. (Pixabay/Joseph Mucira)

Detoksifikasi dan memberi nutrisi

Selain meningkatkan aliran darah dan aliran oksigen serta mengurangi peradangan, bekam juga bermanfaat membuang racun dari dalam tubuh, termasuk radikal bebas.

Faktor inilah yang membantu pemeliharaan sel-sel kulit. Aliran oksigen yang lebih baik memastikan pengiriman nutrisi ke sel-sel kulit menjadi lebih lancar.

Mengurangi peradangan dan jerawat

Bekam digunakan untuk melepaskan jaringan lunak jauh di dalam tubuh, serta mengendurkan kekakuan pada otot. Ini mengurangi peradangan kulit dan membantu mencegah jerawat.

Sesuai laporan dalam Journal of Traditional and Complementary Medicine, bekam disebut bisa membantu mengatasi jerawat, herpes zoster, dan mengatasi nyeri.

Membantu mengatasi hiperpigmentasi

Teknik bekam memberikan efek pembersihan dan detoksifikasi sehingga secara langsung juga membantu dalam mengatasi hiperpigmentasi, yakni suatu kondisi yang menunjukkan adanya melanin yang berlebihan di dalam sel-sel kulit.

Saat cangkir bekam diangkat dari kulit wajah, ini akan memberikan efek pemijatan yang menciptakan drainase limfatik. Proses ini akan membantu menghilangkan racun dari area yang dibekam, menyebabkan mengurangi peradangan dan mengurangi dampak hiperpigmentasi.

Teknik bekam secara umum aman dilakukan. Tidak ada efek samping kecuali perubahan warna di area kulit tertentu. Walau begitu, sebaiknya kamu berkonsultasi dengan dokter kulit sebelum melakukan perawatan ini, terutama jika punya kulit sensitif. (*Aflaha Rizal Bahtiar)

Berita Terkait

Berita Terkini