6 Manfaat Air Beras untuk Perawatan Kulit, Termasuk Mencegah Penuaan

Biasa digunakan perempuan Jepang, ini manfaat air beras untuk perawatan kulit.

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Jumat, 10 September 2021 icon 21:00 WIB
6 Manfaat Air Beras untuk Perawatan Kulit, Termasuk Mencegah Penuaan

Ilustrasi beras. (Pixabay/white kim)

Selain perempuan Korea yang dikenal punya kulit glowing, perempuan Jepang pun terkenal memiliki kulit halus bak porselen. Rahasianya ternyata sederhana saja: air beras!

Walau Jepang adalah negara paling inovatif di dunia, perempuan di sana masih kerap untuk menggunakan cara tradisional untuk perawatan kulit mereka. Air beras yang dimaksud di sini adalah benar-benar merupakan air yang tersisa setelah menanak nasi.

Penasaran dengan manfaat air beras seperti yang didapat oleh para perempuan Jepang? Dilansir dari Bright Side, ini uraiannya.

Baca Juga: Populer di Kalangan Selebritas, Manfaat Bekam untuk Perawatan Kecantikan

Mencegah penuaan dini pada kulit

Menggunakan air beras sebagai pembersih wajah dapat membantu menghilangkan kerutan. Air beras yang difermentasi meningkatkan produksi kolagen di kulit sehingga membuat kulit tampak lebih kenyal. Air beras juga kaya antioksidan sehingga ampuh melawan kerutan dini.

Ilustrasi perempuan memakai baju hitam. (Pexels/Kara Muse)
Ilustrasi perempuan memakai baju hitam. (Pexels/Kara Muse)

Tabir surya alami

Baca Juga: Ingin Coba Gunakan Skincare Baru? Lakukan Tes Sederhana Berikut

Air beras punya efek pendinginan alami, dan mengoleskannya ke kulit bisa membantu menenangkan kulit yang terbakar sinar matahari dan meredakan iritasi.

Paparan sinar matahari adalah salah satu penyebab kerusakan kulit yang paling umum.Air beras adalah cara yang mudah dan terjangkau untuk melindungi kulit wajah Anda.

Memperbaiki kulit yang rusak

Air beras memperbaiki kerusakan kulit, dan bahkan bisa digunakan untuk mengobati kondisi kulit tertentu, seperti dermatitis atopik.

Mengurangi pigmentasi kulit

Walau hiperpigmentasi biasanya tak berbahaya, kondisi kulit yang umum ini bisa sangat mengganggu penampilan. Jika tidak diatasi, bintik hitam pada akhirnya bisa menyebabkan warna kulit tidak merata. Air beras sudah terbukti meningkatkan produksi melanin dan secara efektif membantu mengurangi hiperpigmentasi.

Ilustrasi membersihkan wajah. (Shutterstock)
Ilustrasi membersihkan wajah. (Shutterstock)

Mengendalikan kadar minyak di kulit

Minyak alami sangat penting untuk kesehatan kulitkarena mengunci hidrasi dan bertindak sebagai pelindung terhadap musuh kulit dari luar. Namun, punya wajah berminyak dan berkilau tidak terlalu menarik.

Banyak produk perawatan untuk kulit berminyak mengandung alkohol yang bisa mengganggu aktivitas kelenjar sebaceous dan menyebabkan produksi sebum berlebih. Pada akhirnya, itu akan membuat kulit Anda semakin berminyak. Menggunakan air beras adalah cara aman untuk menyeimbangkan kulit berminyak karena bisa menghilangkan minyak berlebih tapi tidak mengeringkan kulit.

Memperbaiki kulit dari dalam

Walau mengoleskan air beras secara topikal dapat bermanfaat bagi kulit dalam banyak hal, meminumnya juga bisa membantu memperbaiki kulit dari dalam. Air beras sangat bagus untuk pencernaan, mengandung prebiotik, dan dikenal dapat membantu mengatasi keracunan makanan dan gangguan pencernaan. Karena kesehatan usus sangat penting untuk kulit yang indah, air beras adalah ramuan ajaib yang membuat kulit tampak bersinar.

Ingin meniru cara perempuan Jepang menggunakan air beras untuk perawatan antiaging? Berikut cara membuat air beras fermentasi sendiri di rumah:

Baca Juga: Perubahan Cuaca Bikin Wajah Kusam, Begini Cara Mengatasinya

  • Cuci beras dan tambahkan 2-3 gelas air
  • Biarkan pada suhu kamar hingga 48 jam
  • Saring airnya

Kamu bisa menyimpan air beras dalam wadah tertutup hingga tujuh hari dan menggunakannya sebagai pembersih untuk kulit dan rambut. (*Vania Rossa)

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI