Beauty

Apakah Anak-Anak Sudah Boleh Pakai Skincare? Begini Kata Dokter Richard Lee

Apakah tidak masalah kalau terlalu cepat memberikan skincare pada anak?

Nur Khotimah

ilustrasi skincare alami/pinterest.com
ilustrasi skincare alami/pinterest.com

Dewiku.com - Orang dewasa memakai skincare untuk merawat kulit wajah mungkin sudah biasa. Namun, bagaimana dengan pemakaian skincare pada anak-anak? Apakah tidak terlalu cepat jika masih kecil sudah memakai skincare?

Menjawab rasa penasaran, Dokter Richard Lee membuat video khusus yang diunggah di Instagram pada 16 September 2021. Ia menjelaskan soal kemungkinan terlalu cepat memakai skincare.

Menurut dr Richard Lee, tidak ada kata terlalu cepat untuk memakai skincare. Jika wajah anak sudah mulai tumbuh jerawat di usia yang baru 9 tahun maka tidak masalah untuk memberinya skincare.

Dokter sekaligus YouTuber ini justru khawatir wajah anak akan semakin rusak dan susah diobati kalau terlambat ditangani. Namun ia mengingatkan untuk memakai produk yang sesuai usia si anak.

"Kecepatan nggak sih Dok pakai skincare? Anak saya baru umurnya 9 tahun nih Dok. Lah tapi kan anak ibu ada jerawat tuh bu, banyak lagi," ujar dr Richard Lee melansir Instagram, Sabtu (25/9/2021).

Ilustrasi skincare/retinol (Envato)
Ilustrasi skincare. (Envato)

"Masa mau tunggu 17 tahun baru diobati? Nanti bolong lho bu, nanti bopeng (bekas jerawat yang dalam di kulit) dan lebih susah diobatin lagi," lanjut dokter kelahiran 11 Oktober 1985 itu.

Lebih lanjut, dr Richard menyebutkan bahwa orangtua sebenarnya sudah memberikan skincare untuk anak mereka sejak bayi. Biasanya dalam bentuk lotion bayi, sampo, dan lain sebagainya.

Jadi menurutnya tidak masalah jika anak yang masih kecil sudah memakai skincare. Dengan catatan, produk yang digunakan mengandung bahan yang sesuai untuk usia mereka.

Pemakaian skincare pada anak menurut Dokter Richard Lee. (Instagram/@dr.richardlee_official)
Pemakaian skincare pada anak menurut Dokter Richard Lee. (Instagram/@dr.richardlee_official)

"Lagian kalau kita ngomong skincare nih, dari bayi kita juga sudah pakai skincare. Emang bayi nggak dikasih body lotion? Nggak dikasih sabun? Nggak dikasih perawatan rambut?" kata dr Richard lagi.

"Dari bayi juga kita perawatan bu. Cuma perawatannya kita sesuaikan. Untuk bayi ya (produk) bayi, untuk balita ya (produk) balita. Untuk usia remaja ya (produk) untuk usia remaja," pungkasnya.

Sementara itu, dr Richard Lee dikenal kerap membuat konten edukasi seputar kecantikan di Instagram dan YouTube. Ia juga sering mengulas produk kecantikan yang cukup ramai diperbincangkan.

Berita Terkait

Berita Terkini