Beauty

Tips Menghilangkan Noda di Wajah, Coba Gunakan 5 Bahan Rumahan Ini

Beberapa bahan rumahan ini disebut bisa dimanfaatkan untuk menghilangkan noda di wajah.

Rima Sekarani Imamun Nissa

Cuka Apel. (Pexels/rawpixels)
Cuka Apel. (Pexels/rawpixels)

Dewiku.com - Paparan sinar matahari dan polusi bisa berdampak negatif pada kondisi kulit wajah, mulai dari alergi, pori-pori tersumbat, hingga jerawat. Tidak jarang, masalah kulit yang terjadi juga meninggalkan noda di wajah

Sebenarnya tak perlu melulu langsung memakai produk kimia untuk menghilangkan noda di wajah. Terdapat lima bahan rumahan ini dikatakan juga bisa jadi solusi.

Dirangkum dari Healthshots, Dokter Kulit dr. Ajay Rana memberikan lima bahan rumahan ini yang dapat membantu menghilangkan noda di wajah. Apa saja?

Putih telur

Putih telur disebut mengandung sumber enzim alami yang mampu mencerahkan kulit. Selain sebagai sumber makanan yang kaya akan protein, putih telur juga mempunyai manfaat yang baik bagi kulit.

Memecahkan telur. (Pixabay/Emir Krasni)
Memecahkan telur. (Pixabay/Emir Krasni)

Dr. Ajay Rana mengatakan, putih telur punya lisozim dan senyawa antibakteri. Kandungan ini dapat menghilangkan bakteri yang menyebabkan tumbuhnya jerawat. Selain itu, putih telur juga dikatakan mampu menyembuhkan luka serta noda.

Untuk memanfaatkan putih telur ini, kamu bisa mencampurkan satu kuning telur dengan satu sendok makan madu dan gunakan sebagai masker wajah selama 15 menit. Lalu, bilas dengan air dingin maupun hangat.

Lidah buaya

Lidah buaya termasuk bahan alami yang mampu menyembuhkan masalah kulit. Dengan sifat anti-inflamasi, lidah buaya dapat membantu menenangkan iritasi kulit, noda, serta luka.

Dr. Rana mengatakan, lidah buaya mampu mengurangi jerawat dan hiperpigmentasi, sekaligus membantu meningkatkan produksi kolagen dan serat elastin.

Untuk memanfaatkan lidah buaya, oleskan bahan ini di wajah setelah dibuat jus dan diamkan selama satu jam. Setelah itu, bilas kemudian dengan air biasa. 

Cuka sari apel

Cuka sari apel adalah toner yang bisa membantu membersihkan kulit. Dibuat melalui proses fermentasi, bahan ini punya asam asetat di dalamnya sehingga ini dapat menenangkan kulit. Tak hanya itu, kandungan cuka sari apel juga bisa mengurangi jerawat yang muncul sekaligus mengobati luka bakar.

Ilustrasi cuka sari apel. (Foto: Shutterstock)
Ilustrasi cuka sari apel. (Foto: Shutterstock)

Kandungan cuka telah diungkap oleh penelitian yang terbit di Evidence-Based Complementary and Alternative Medicine. Disebutkan bahwa cuka sari apel mengandung polifenol, pektin, dan karotenoid, yang mampu mengurangi hiperpigmentasi dan menyehatkan kulit Anda.

Untuk memanfaatkan bahan ini, campurkan madu, dan cuka sari apel. Oleskan pasta ini ke seluruh wajah dan diamkan selama 15 menit sebelum dibilas.

Kunyit

Ingin wajah tampak bercahaya? Kunyit bisa jadi solusinya. Selain baik untuk jamu, kunyit juga mampu membantu mengatasi masalah kulit.

Kunyit mengandung kurkuminoid, juga sifat anti-inflamasi, antimikroba, dan antioksidan. Berkat semua itu, kunyit bisa membantu mengatasi kulit berjerawat, sekaligus membantu melawan peradangan serta noda di wajah.

Campurkan kunyit dengan yogurt dan aduk hingga rata. Oleskan bahan ini ke seluruh wajah yang telah dibersihkan. Diamkan selama 15 menit hingga mengering, lalu bilas dengan air hangat.

Teh hijau

Bukan cuma minuman sehat, teh hijau juga disebut bagus untuk perawatan kulit. Kandungannya membantu menjaga kulit tetap sehat dan bercahaya dengan sifat antibiotic, anti-inflamasi, dan antioksidan. Teh hijau juga membantu mengurangi noda di wajah Anda.

Ingin coba? Buka kantong teh hijau, lalu campurkan dengan tomat. Setelah itu, masak hingga mendidih, lalu oleskan bahan ini di wajah setelah dingin. (*Aflaha Rizal Bahtiar)

Berita Terkait

Berita Terkini