Beauty

Favorit MUA Profesional, Ini Rahasia Brand Makeup Lokal After Beaute

Jadi favorit para MUA, After Beaute ungkap rahasia istimewa mereka.

Rima Sekarani Imamun Nissa

Produk After Beaute. (Instagram/@after.beaute)
Produk After Beaute. (Instagram/@after.beaute)

Dewiku.com - Banyak brand kosmetik lokal yang terus berkembang hingga berani bersaing dengan lini kosmetik luar negeri. Salah satunya adalah After Beaute.

After Beaute terkenal sebagai produk kosmetik yang disukai banyak makeup artist (MUA). Apa rahasianya?

Andhita Irianto, founder After Beaute, mengungkapkan bahwa eksistensi After Beaute di dunia kosmetik Indonesia dimulai sejak merilis Lip Cream dengan tiga varian shades pada 31 Maret 2021 lalu, yakni Madame, Kinda Cute, dan Velvet Waffle.

Andhita yang merupakan makeup artist asal Lampung, pengusaha salon dan spa kecantikan, seorang influencer, serta brand ambassador produk kecantikan, mengatakan para MUA merasa tiga shades tersebut bisa memenuhi kebutuhan mereka saat merias wajah klien, dimulai dari acara formal sampai kasual, seperti itu pernikahan, pesta, wisuda, photo & video shoot dan lain-lain.

Brand kosmetik lokal After Beaute. (Dok. After Beatue)
Brand kosmetik lokal After Beaute. (Dok. After Beatue)

"Jadi dari 3 varian itu, ada dua yang nude (warna kulit), yaitu kinda cute yang best seller dan velvet waffle. Untuk tipe bibir hitam bisa menggunakan kinda cute, dan untuk tipe bibir yang lebih ke pink atau pucat bisa pakai velvet waffle. Sedangkan kalau madame, biasanya dipakai untuk ombre lip. Kan, ombre lip lagi best of the best lip cream pada saat sekarang, karena kalau cewek itu ‘dikit-dikit ombre’ karena lagi hype 'korea-korea-an’. Jadi, tergantung cocoknya si klien saja, apakah warna nude atau kalau mau ombre nanti tinggal ditimpa oleh madame,”"terang Andhita.

Tentu, bukan hal mudah untuk sampai bisa disukai para MUA se-Indonesia. Andhita pun mengaku bahwa di awal dirinya sempat bingung ingin menyasar pasar yang mana. Namun melihat animo luar biasa muncul di kalangan MUA, maka ia putuskan untuk memilih pasar tersebut.

"Kebanyakan produk lokal sekarang tujuan utamanya mungkin masyarakat luas Indonesia dan bukan fokus ke profesi MUA. Kalau aku justru sebaliknya. Yang belum diminati orang, yaitu MUA, agar (produk After Beaute) bisa dipakai MUA seluruh Indonesia. Itu karena MUA di Indonesia sudah banyak, dan tahu mana yang bagus seperti apa, keunggulan produk seperti apa, yang cocok untuk klien seperti apa," ujar Andhita.

"Jadi, tinggal dari pihak kami, bagaimana kami membuat MUA yang memakai produk After Beaute tidak malu dan tidak disepelekan. Dan alhamdulilah kami sudah 6-7 bulan sudah mulai kuat, di mana pasarnya banyak dipakai makeup artist di Indonesia, dan insya allah akan terus berlanjut,”"paparnya kemudian.

Andhita mengatakan bahwa sejak awal berdiri, After Beaute ingin menjadi brand kosmetik lokal berkualitas yang bisa disandingkan dengan merek kosmetik impor. Menurutnya, produk After Beaute bisa disukai oleh MUA di seluruh Indonesia juga karena kualitasnya. Pihaknya melakukan riset dan survei terlebih dulu sebelum merilis Lip Cream After Beaute, mulai dari soal tekstur, fragrance ketahanan, hingga kenyamanan di bibir.

Produk After Beaute. (Instagram/@after.beaute)
Produk After Beaute. (Instagram/@after.beaute)

"Jadi, (After Beaute) memang bisa dilirik MUA karena kualitasnya juga. Jadi, para MUA di Indonesia selalu bilang kualitas Lip cream After Beaute itu bagus produknya: enak dipakai dibibir, tahan lama, gampang dihapus dan nggak melukai bibir. Jadi, itu juga merupakan poin terbesar dari berkembangnya After Beaute saat ini, bisa cepat menemukan pasar dan menguat sekarang," kata dia.

Andhita berharap strategi penjualan online dan pendistribusian offline yang sedang dijalankan bisa membuat After Beaute bisa diterima masyarakat umum yang lebih luas. Dengan begitu, After Beaute bisa dinikmati semua kalangan usia.

Kondisi pandemi juga tidak membuat Andhita khawatir dengan penjualan After Beaute. Hal itu karena produk kosmetik sudah menjadi kebutuhan utama bagi para wanita.

Menurut Andhita, permintaan akan produk kosmetik tetap tinggi, cuma memang berubah cara bertransaksinya yang menjadi serba online. jadi, dia mengaku optimis After Beaute bisa jadi salah satu pilihan wanita Indonesia untuk melengkapi koleksi lip cream mereka.

Andhita berkata, "Wanita itu cenderung memiliki keunikan itu kalau punya lipstik atau lip cream tidak bisa cukup satu walaupun lip cream yang dia beli warnanya hampir setara yang mungkin 90 persen. Wanita pasti memiliki lipstik dengan berbagai macam merek dan warna."

"Buktinya hampir jalan 7 bulan berjalan ini, lip cream After Beaute sudah laku 10 ribu kurang lebih dan perbulan itu habis 2 ribu. Dan kami sudah balik modal, bahkan keuntungan sudah kami dapatkan hanya di 7 bulan dari After Beaute berdiri. Oleh karenanya, kami optimis,” imbuhnya.

Kini After Beaute pun telah dipakai begitu banyak MUA di Indonesia, termasuk Dean, Eva Twinny, nanathnadia, Bima Chang, Adi Rustana, dan Mona Markem. Hal itu bisa dilihat di highlight akun instagram @after.beaute yang telah diikuti 51 ribu pengikut.

Tak kalah menakjubkan, produk After Beaute juga suka dipakai oleh influencer ternama, seperti Rachel Vennya, Millen Cyrus, Shafa Harris, dan Jovi Adhiguna. (*M. Reza Sulaiman)

Berita Terkait

Berita Terkini