Viral Kopi Saset Campur Sampo Jadi Solusi Rambut Rontok, Ini Kata Dokter

Campuran kopi saset dan sampo diklaim bisa mengatasi masalah rambut rontok. Benarkah demikian?

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Sabtu, 09 Oktober 2021 icon 15:00 WIB
Viral Kopi Saset Campur Sampo Jadi Solusi Rambut Rontok, Ini Kata Dokter

Ilustrasi keramas saat mandi. (Shutterstock)

Pengakuan warganet di Twitter yang mencampur sampo dan kopi saset untuk mengatasi rambut rontok sempat viral beberapa waktu lalu. Ramuan dua bahan ini diklaim efektif mengatasi rambut rontok, berkat kandungan kafein di dalam kopi.

Pernyataan tersebut ditanggapi Dermatologist sekaligus Spesialis Kulit dan Kelamin, dr. Arini Astasari Widodo, Sp.KK. Dia mengatakan, efek kafein di kopi yang diaplikasikan langsung ke rambut untuk atasi kerontokan, belum dibuktikan dalam penelitian.

"Efek kopi yang diaplikasikan langsung ke rambut belum ada penelitiannya, apalagi yang dicampur dengan sampo, sehingga saat ini tidak dapat secara pasti disimpulkan efeknya," terang dr. Arini kepada Suara.com--jaringan Dewiku.com, Rabu (6/10/2021) lalu.

Baca Juga: Mitos atau Fakta? Kopi Diyakini Bisa Mengatasi Masalah Ketombe

Ia menambahkan, semua bahan aktif seperti kafein untuk rambut tidak akan berguna bila diaplikasikan ke batang rambut. Ini karena bahan aktif tak bisa diserap maksimal, kecuali jika diaplikasikan langsung ke akar rambut.

Masalah rambut rontok. (Shutterstock)
Masalah rambut rontok. (Shutterstock)

"Perlu dipikirkan juga bahwa bentuk sediaan leave on atau tanpa dibilas, akan memberikan penyerapan pada kulit kepala jauh lebih efektif dari pada sediaan wash-off atau harus dibilas," ucap dr. Arini.

Adapun contoh produk tanpa bilas untuk rambut seperti serum atau hair tonic, sementara produk harus dibilas dengan contohnya adalah sabun dan sampo.

Baca Juga: Titi Kamal Ungkap Tips Perawatan Rambut Rontok, Isinya Mengundang Tawa

Walau demikian, dokter yang berpraktek di Dermatologist Jakarta itu mengakui bahwa kandungan kafein terbukti efektif mengatasi telogen effluvium pada perempuan berdasarkan hasil penelitian. Telogen effluvium merupakan masalah kerontokan akibat stres, melahirkan atau setelah sembuh dari suatu penyakit.

"Setelah 6 bulan memakai sampo tersebut setiap hari selama 2 menit, terjadi penurunan kerontokan rambut pada lebih dari setengah peserta," jelasnya.

Namun, penelitian di atas spesifik untuk kafein. Soal penggunaan kopi untuk perawatan rambut, belum ada studi klinis yang bisa dipertanggung jawabkan kebenarannya.

Baca Juga: 2 Brand Ini Kolaborasi Bikin Skincare dari Kopi Lokal, Intip Produknya

"Tetapi terdapat studi yang menunjukan manfaat sampo yang mengandung kafein untuk rambut rontok," ucap dr. Arini. (*Dini Afrianti Efendi)

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI