Beauty

Syaratnya Cuma Harus Konsisten, 8 Cara Murah Menghilangkan Mata Panda

Merasa terganggung dengan adanya lingkaran hitam di area mata? Berikut beberapa cara murah menghilangkan mata panda.

Rima Sekarani Imamun Nissa

Ilustrasi perempuan melakukan perawatan wajah di rumah. (Pexels/EKATERINA BOLOVTSOV)
Ilustrasi perempuan melakukan perawatan wajah di rumah. (Pexels/EKATERINA BOLOVTSOV)

Dewiku.com - Kebanyakan orang, utamanya perempuan, menganggap mata berkantung dan ada lingkaran hitam alias mata panda sangat mengganggu penampilan. Walau bisa saja ditutupi dengan riasan, tentu akan lebih baik jika bisa menemukan cara menghilangkan mata panda paling efektif.

Namun, perawatan yang dilakukan jelas tidak bisa sembarangan. Ini karena bawah mata termasuk area yang sensitif dan lapisan kulitnya sangat tipis. 

Ada banyak faktor yang menyebabkan kantung mata dan lingkaran hitam muncul, mulai dari kurang tidur, dehidrasi, terlalu banyak minum alkohol, dan tak makan makanan sehat. Faktor genetik dan penuaan juga bisa jadi penyebabnya.

Sebenarnya sudah banyak produk di pasaran yang mengklaim bisa memperbaiki atau mengobati lingkaran hitam dan bengkak di bawah mata. Hanya saja, rasanya tidak benar-benar menghilangkan masalah.

Menggunakan krim mata. (Shutterstock)
Menggunakan krim mata. (Shutterstock)

Ahli Kosmetologi dan Spesialis Estetika Wajah dari India Shilpi Behl mengatakan bahwa perawatan sebenarnya bisa dilakukan secara mandiri dan dari rumah. Mengutip Times of India, berikut tips dari Shilpi.

  1. Minum banyak air akan membantu mengecilkan kantung mata. Selain itu, kompres dingin bisa bekerja dengan baik untuk mengecilkan kantung mata dengan cepat.
  2. Oleskan kantong teh, terutama teh hijau, di bawah mata untuk membantu mengatasi lingkaran hitam dan kantung mata. Kafein dalam teh mengandung antioksidan yang sangat kuat, tak cuma meningkatkan aliran darah tapi juga memberikan perlindungan terhadap sinar UV yang berbahaya. Jadi, bisa memperlambat proses penuaan.
  3. Kekurangan zat besi juga bisa menjadi penyebab lingkaran hitam dan bengkak pada bawah maya. Oleh karenanya, perbanyak konsumsi makanan kaya zat besi. Bila perlu, mengonsumsi suplemen zat besi juga dapat mengurangi lingkaran hitam.
  4. Gunakan krim pencerah kulit di bawah mata atau gel yang mengandung bahan-bahan seperti hydroquinone, vitamin C, Kojic Acid, dan Hyaluronic acid.
  5. Gunakan tabir surya setiap hari, utamanya ketika akan keluar rumah. Penggunaan tabir surya bisa memberikan perlindungan spektrum luas terhadap sinar UVA dan UVB. Pilih formula tabir surya dengan SPF 30 atau lebih tinggi dan tahan air.
  6. Kalau lebih sering mengalami mata bengkak, tidurlah dengan posisi kepala ditinggikan. Ketinggian bisa mencegah pengumpulan cairan tubuh di bawah mata. Paling penting, cukup tidur selama 8 jam setiap hari. Sebab, kurang tidur dapat membuat mata merasa lelah dan menyebabkan perubahan kulit di bawah mata alias mata panda.
  7. Kehilangan kolagen juga bisa menjadi penyebab munculnya lingkaran hitam. Makan makanan kaya vitamin C dan asam amino meningkatkan produksi kolagen dengan meningkatkan kadar asam hialuronat, juga menghasilkan kulit yang lebih sehat.
  8. Batasi waktu layar gawai karena cahaya buatan tersebut menyebabkan kulit lebih cepat kering. Kebiasaan tersebut juga rawan menghilangkan kelembapan alami kulit yang menyebabkan kerusakan kolagen dan berakhir muncul lingkaran hitam.

Itulah beberapa cara murah menghilangkan mata panda.  Jika tak memberikan efek signifikan, perawatan di klinik bisa jadi solusi terakhir.

Shilpi menyarankan perawatan seperti peeling, laser, microneedling, dan filler sebaga pilihan yang baik untuk menghilangkan cekungan di bawah mata dan lingkaran hitam. (*Bimo Aria Fundrika)

Berita Terkait

Berita Terkini