Cara Melakukan Double Cleansing yang Benar, Mudah Cuma 4 Langkah!

Begini cara melakukan double cleansing serta informasi mengenai jenis apa yang tidak dianjurkan menggunakan metode perawatan ini.

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Minggu, 05 Desember 2021 icon 10:34 WIB
Cara Melakukan Double Cleansing yang Benar, Mudah Cuma 4 Langkah!

Ilustrasi perempuan membersihkan makeup. (Shutterstock)

Salah satu tahapan penting dalam rutinitas skincare adalah membersihkan wajah. Kalau mencuci wajah saja tidak benar sehingga kurang bersih, produk skincare yang digunakan setelahnya juga kemungkinan tidak akan terserap optimal.

Bagi beberapa orang, metode double cleansing atau pembersihan ganda menjadi teknik perawatan kulit yang umum dilakukan. Memangnya, apa saja manfaat double cleansing ?

Tak cuma membersihkan bekas riasan yang mungkin juga bercampur dengan debu dan kotoran, double cleansing juga dipercaya menjadi upaya paling dasar untuk mencegah timbulnya jerawat sekaligus mencerahkan kulit.

Baca Juga: Pakai Masker Ditumpuk-tumpuk, Viral Rutinitas Skincare Ini Bikin Heran

Ada dua jenis pembersih yang digunakan. Pertama adalah pembersih berbahan dasar minyak, lalu diikuti pemakaian pembersih berbahan dasar air.

Ilustrasi membersihkan wajah dengan tisu basah. (Unsplash/Septian Simon)
Ilustrasi membersihkan wajah. (Unsplash/Septian Simon)

BACA JUGA: Bingung Mau Ngapain Hari Ini? Tes Kepribadian Bisa Bantu Pilih Aktivitas di Akhir Pekan

"Pembersih berbasis minyak untuk menghilangkan riasan berminyak, tabir surya, sebum, dan polusi lebih efektif daripada pembersih berbasis air," ungkap  konsultan dokter kulit di Stratum Clinics Dr Sasha Dhoat, mengutip Metro.

Baca Juga: Raisa Bagikan Rutinitas Perawatan Kecantikan, Ini Produk Favoritnya

Setelah pembersih berbahan dasar minyak menghilangkan berbagai kotoran yang menempel di wajah, pembersih berbahan dasar air akan lebih mudah menembus ke dalam pori-pori kulit. Jadi, sisa kotoran bisa lebih mudah terangkat secara optimal.

Dokter Sasha juga menjelaskan bahwa pembersihan ganda sangat penting bagi mereka yang rutin menggunakan makeup. Walau begitu, ia tidak menyarankan orang dengan kulit normal atau kering melakukan double cleansing.

"Bagi kebanyakan orang dengan kulit normal atau kering, pembersihan ganda sebenarnya bisa merusak lebih banyak pelindung kulit," ujarnya.

Membersihkan wajah. (Shutterstock)
Membersihkan wajah. (Shutterstock)

Sasha lalu memaparkan,  pada jenis kulit normal atau kering, mencuci wajah terlalu berlebihan justru dapat menyebabkan kulit jadi lebih kering, kemerahan, bahkan terjadi pengelupasan.

Beda cerita untuk orang dengan kulit berminyak atau biasa memakai riasan tebal sehari-hari. Double cleanshing justru akan sangat bermanfaat. Sang dokter pun membagikan cara double cleansing yang benar, yakni:

Baca Juga: Jangan Bikin Rutinitas Skincare Setiap Hari Jadi Percuma, Ini Kuncinya

  1. Gunakan pembersih berbasis minyak untuk menghilangkan kotoran seperti riasan dan SPF
  2. Gunakan pembersih berbasis air untuk pembersihan kotoran pada bagian dalam pori kulit. Pijat wajah dengan lembut
  3. Bilas dengan air hangat
  4. Keringkan dengan kain besih secara ditepuk-tepuk. Lanjutkan rutinitas skincare dengan serum dan pelembap.

Bagaimana menurutmu? Semoga informasi di atas bermanfaat!

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI